Tampilkan di aplikasi

Pasar bergulir, tumpangsari online dan pasar djadoel

Majalah Peluang - Edisi 106
4 Januari 2019

Majalah Peluang - Edisi 106

Penetrasi mobil-toko-keliling makin menggejala di banyak kota. Mereka ‘melahirkan’ pasar tapi bukan di lokasi pasar. Persis penjualan pisang Barangan/pisang Medan, yang mengibarkan outlet justru tidak di area yang dikhususkan untuk pasar pisang.

Peluang
Pasar bergulir relatif dikenal di daerah-daerah. Mungkin tidak dari segi istilah, tapi sudah sangat tradisional dalam bantuk praktik. Kongkretnya, jika hari ini yang jadi pasar adalah desa/dusun A, besok dan lusa giliran desa B dan C. Begitu seterusnya. Maka, nama sebuah desa/dusun lazim pula disandingkan langsung dengan nama putaran hari pasar. Umpamanya, Pekan Selasa Mungka, Pekan Rabu Rao-rao, dan seterusnya.

Pola pasar tradisional ini, anehnya, belakangan agak cenderung diduplikasi. Di berbagai wilayah Japing (Jakarta Pinggiran), misalnya, kehadiran ‘pasar dadakan’ itu makin eksis dan diterima kalangan masyarakat menengah-bawah. Barang yang diperjualbelikan umumnya makanan, minuman, akseoris/mainan atau ajang hiburan sederhana untuk anak-anak. Di sana tak ditemukan penjual sembako. Biasanya digelar ba’da Ashar dan berakhir sekitar pukul 21:30 WIB.

Apakah mereka yang disebut Pedagang Kaki Lima (PKL)? Jawabnya, ya. Sebelum istilah PKL populer, masyarakat mengenalnya dengan nama pedagang emperan jalan. Yang pasti, pelaku pasar bergulir itu adalah pedagang kecil. Mereka menjual barang-barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir yang sifatnya perseorangan dan bukan untuk usaha/nonbisnis.

Istilah PKL itu sendiri berangkat dari semacam perkeliruan. Disebut PKL karena berawal para penjaja dagangan biasanya menggunakan gerobak. Lima kaki yang dimaksud adalah dua kaki pedagang ditambah tiga “kaki” gerobak (dua roda dan satu kaki penyangganya ketika parkir). Saat ini, makna istilah PKL meluas karena dilekatkan juga terhadap pedagang di jalanan pada umumnya.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI