Tampilkan di aplikasi

Dari membayangkan hingga ‘mencuri’ ide

Majalah Peluang - Edisi 107
6 Februari 2019

Majalah Peluang - Edisi 107

Think outside the box!” Kalimat itu amat mudah diucapkan. Tapi sungguh tak mudah untuk bisa melakukannya.

Peluang
Think outside the box!” Kalimat itu amat mudah diucapkan. Tapi sungguh tak mudah untuk bisa melakukannya. Sulit? Iya. Meski tak sulit-sulit amat. Masalahnya adalah bagaimana membangkitkan sisi kreatif dalam diri kita. Hal itu jadi sulit jika anda membayangkannya sulit. Sebaliknya jadi lebih sederhana jika anda tekun dan serius mewujudkannya. Tak perlu menyepi di tempat terpencil berminggu-minggu di tempat sunyi menunggu ilham yang jatuh dari langit. Beberapa tips kilat berikut, yang sudah diuji lewat penelitian, dapat merangsang kreativitas anda.

Bayangkan diri sebagai orang kreatif. Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal online PLoS One, memikirkan dan membayangkan diri kita sebagai seseorang yang kreatif bisa menjadi sugesti positif untuk membangkitkan kreativitas. Bayangkan diri kita sebagai Steve Jobs, Mark Zuckerberg, Lady Gaga, J.K. Rowling, Adele, atau Leonardo Da Vinci. Pemikiran seperti itu akan membantu kita untuk mengidentifikasi ‘stereotip’ yang dapat menghambat atau meningkatkan kreativitas.

Bersihkan pikiran dari hal-hal yang menghambat ‘ilham’. Anda tak perlu meditasi atau datang ke kelas yoga untuk melakukannya. Cukup singkirkan gadget. Refresh pikiran dengan berjalan-jalan atau mencari udara segar di luar sejenak. Pikiran yang buntu anda akan terjernihkan. Lakukan brainstorming. untuk mengerahkan seluruh sisi kreatif di tempat kerja atau rapat, luangkan waktu untuk brainstorming sebelumnya.

Ambil sekitar setengah jam sebelumnya untuk berpikir. Berangkat ke kantor lebih awal juga bisa mengundang munculnya ide-ide segar. Inventarisasi semua pemicu kreativitas diri. Buatlah daftar berisi hal-hal kecil atau besar yang biasanya selalu bisa membangkitkan kreativitasmu. Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda. Ada yang butuh berada di lingkungan yang tenang, atau mungkin juga butuh tekanan untuk memaksa munculnya ideide kreatif.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI