Tampilkan di aplikasi

Kata kunci jadi wirausahawan kreatif

Majalah Peluang - Edisi 108
15 Maret 2019

Majalah Peluang - Edisi 108

Kreativitas merupakan langkah pertama menuju inovasi.

Peluang
Wirausahawan itu seseorang dengan jiwa dan kemampuan tertentu dalam berkreasi dan berinovasi. Ia memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Istilah populer untuk itu adalah kemampuan kreatif dan inovatif. Kapasitas semacam itu secara riil tercermin dari kemampuan dan kemauannya memulai usaha (start up), kemampuannya mengerjakan sesuatu yang baru (creative), kemampuannya mencari peluang (opportunity), keberaniannya menanggung risiko (risk bearing) dan kemampuannya mengembangkan ide.

Kemauan dan kemampuankemampuan tersebut diperlukan terutama untuk banyak kegunaan. Mulai darimelakukan proses/ teknik baru (the new technik); menghasilkan produk atau jasa baru (the new product or new service); menghasilkan nilai tambah baru (the new value added); merintis usaha baru (new businesess) yang mengacu pada pasar; hingga mengembangkan organisasi baru (the new organization).

Untuk menang di ajang persaingan, seorang wirausahawan harus memiliki daya kreativitas yang tinggi. Daya kreativitas tersebut tentulah dilandasi oleh cara berpikir yang maju, diwarnai gagasangagasan baru yang berbeda dengan produk-produk yang telah ada di pasar. Gagasan-gagasan kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang, bentuk ataupun waktu.

Seringkali ide-ide jenius yang memunculkan terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha berawal dari gagasan kreatif yang sepintas terlihat mustahil. Pemikiran kreatif berhubungan secara langsung dengan penambahan nilai, penciptaan nilai, dan penemuan peluang bisnis. Pola pemikiran kreatif juga dibutuhkan untuk menggambarkan keadaan masa depan, dimana seorang wirausaha akan beroperasi. Selain itu, juga akan memberikan gambaran yang tidak dapat dihasilkan oleh eksplorasi terhadap tren masa kini.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI