Tampilkan di aplikasi

Horison pikir sang entrepreneur

Majalah Peluang - Edisi 109
8 April 2019

Majalah Peluang - Edisi 109

Seperti seseorang mengendarai mobil, dia bisa dengan cepat mengganti persneling karena sudah terlatih. Bagi yang belum bisa dan belum biasa, hal itu akan sulit. Begitu juga dengan kreativitas: harus dilatih dan dibiasakan.

Peluang
Para pakar cenderung bersepakat bahwa “kreatif “ merupakan syarat utama seorang entrepreneur. Ada pula yang mengatakan kreatif adalah kompetenasi dasar yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur. Menarik dipertanyakan, kreatif seperti apa yang dimaksud dengan syarat dan kompetensi dasar seorang entrepreneur itu? Kreatif dengan bukti-bukti kongkret yang seberapa terukur?

Dalam mengartikan kata kreatif, kita sering terjebak dalam batasan awam. Kreatif seakan hanya absah dikaitkan dengan mereka yang bergumul di dunia seni. Pandangan seperti ini, selain sempit dan naif, juga kelewat menyederhanakan masalah. Kreatif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan: “memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan.” Secara umum, bisa dikatakan bahwa orang kreatif adalah orang yang mampu menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari biasanya, termasuk dalam kegiatan yang terkait bisnis.

Kreativitas itu adalah skill atau kemampuan. Seperti seseorang mengendarai mobil, dia bisa dengan cepat mengganti persneling karena sudah terlatih atau terbiasa. Bagi yang belum bisa dan belum biasa, hal itu akan sulit. Begitu juga dengan kreativitas, harus dilatih dan dibiasakan. Setelah terlatih dan biasa maka otomatis akan cepat berpikir kreatif. Lalu, bagaimana agar kita bisa cepat mampu berpikir kreatif?

Di dalam dunia bisnis, kreativitas ibarat jantung. Itulah faktor penggerak, dinamo, lokomotif. Seorang entrepreneur perlu memiliki kapasitas dalam membiasakan cara berpikir kreatif. Sebuah keharusan yang tak bisa ditawar-tawar. Sebab, majutidaknya, berkembang-tidaknya, berkelanjutan-tidaknya bisnis ditentukan oleh kreativitas pemilik. Mungkin saja seseorang bisnis saat ini maju, tetapi posisi unggul itu bisa tergeser kapan saja.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI