Tampilkan di aplikasi

Koperasi pekerja berkibar di barat

Majalah Peluang - Edisi 109
8 April 2019

Majalah Peluang - Edisi 109

Makin banyak saja bisnis di Amerika Serikat yang bergulir menjadi Koperasi Pekerja. Sekitar 40% pertumbuhannya muncul dari tempat kerja tradisional.

Peluang
Setelah 34 tahun sukses menjalankan perusahaan pengasuhan anak, A Child’s Place di Queens, New York, AS, pasangan suami istri Gregory Coles dan Linda memutuskan untuk pensiun dan berniat menjual perusahaan mereka. Broker mereka menyarankan pilihan menarik: daripada menjual kepada pemilik baru, bukankah lebih baik ditawarkan kepada karyawan yang selama ini bekerja di sana? Pemilik baru itu dapat membeli dan mengaturnya sebagai Worker Cooperative atau Koperasi Pekerja.

Sebelumnya, pasangan Gregory Coles dan Linda tidak pernah mendengar tentang Koperasi Pekerja. Tatkala broker menjelaskan cara kerjanya, pasangan tersebut tahu bahwa itu adalah saran bagus dan tepat. “Gagasan menyerahkan bisnis kami kepada karyawan merupakan salah satu hal terbaik, dan kami pikir kami dapat melakukannya,” katanya.

A Child’s Place bukan satusatunya perusahaan yang mengalihkan sahamnya kepada karyawan mereka. Seperti ditulis editor Fast Company, Ellie Anzilotti, kecenderungan para pengusaha baby boomer (generasi yang lahir antara 1946-60) pensiun dan menjual perusahaan mereka kepada karyawannya meningkat pesat. Seperti halnya A Child’s Place, kepemilikan sekitar 300 usaha kecil di AS kini berpindah tangan kepada karyawan mereka.

Saat ini, sekitar 12 juta unit bisnis baby boomer di seluruh AS bersiap memasuki masa pensiun. Sekitar 70% dari perusahaan mereka diperkirakan akan berpindah tangan. Malangnya, anak-anak para pemilik korporasi cenderung tidak mengambil alih bisnis orang tua mereka. Karenanya, para pemilik usaha kecil harus mencari cara untuk menjual atau mengakhiri jerih payah dan investasi mereka selama bertahun-tahun yang berarti kehilangan semua aset.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI