Tampilkan di aplikasi

Asgrafo bisnis potensial baru koperasi Astra

Majalah Peluang - Edisi 113
5 Agustus 2019

Majalah Peluang - Edisi 113

Berkomitmen untuk menjadi salah satu pelaku bisnis paling kompeten di Tanah Air.

Peluang
Berkomitmen untuk menjadi salah satu pelaku bisnis paling kompeten di Tanah Air, Koperasi Astra International terus mengembangkan sayap usahnya setara korporasi besar umumnya. Salah satu binsis teranyarnya adalah pengelolaan gudang arsip, Asgrafo yang launching awal Juli lalu di Jakarta. Bisnis penyimpanan arsip ini diproyeksikan berkembang mengingat makin banyak perusahaan yang butuh tempat untuk dokumennya.

Seperti dikatakan Presiden Direktur Asgrafo A Setyo Mulyanto, untuk tahun pertama pihaknya targetkan penjualan 60 persen dari kapasitas terpasang, atau sekitar 80 ribu boks sudah bisa terisi. “Kalau sudah terisi sesuai target, kami berencana memperbesar gudang untuk ekspansi lebih luas, ”ujarnya kepada Peluang, Selasa (2/7). Saat ini gudang arsip Asgrafo berada di Kawasan Menara Permai, Cileungsi seluas 1.500 meter persegi berkapasitas 135 ribu boks dengan rak terbuat dari rangka baja.

Keseriusan Koperasi Astra di bisnis ini sambung Mulyanto dirintis sejak empat tahun lalu, dan kemudian disusul dengan persiapan fisik pada awal 2018 dari tanah yang sudah diakuisisi sejak 2016 dan menjadi milik Koperasi Astra. Investasinya menghabiskan Rp5 miliar. Untuk mengelola bisnis gudang arsip ini, Koperasi Astra menunjuk PT Swakarsa Cipta Mandiri (SCM), satu dari lima anak perusahaan dimiliki Koperasi Astra.

Tak hanya simpan pinjam. Mengenai pengembangan ke depan, Chief Operation Officer Koperasi Astra Bambang Wijanarko mengatakan pihaknya akan terus mencari berbagai terobosan yang menyasar pada aktivitas bisnis non anggota. “Ke depan kami akan kembangkan usaha yang tidak melulu hanya simpan pinjam, tetapi juga memberi kesempatan kepada keluarga karyawan untuk berkecimpung di dunia bisnis,” ujarnya seraya memberi contoh, koperasi akan melibatkan keluarga karyawan untuk menerima order membuat seragam dan para istri diberi kesempatan ikut menjahit.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI