Tampilkan di aplikasi

KPPD gelar pendidikan anggota peningkatan kompetensi bisnis koperasi

Majalah Peluang - Edisi 115
30 September 2019

Majalah Peluang - Edisi 115

Anggota koperasi

Peluang
Berangkat dari asumsi bahwa koperasi adalah identik dengan pendidikan anggota memang rada aneh juga jika ada koperasi yang justru abai memberikan hak tersebut kepada anggotanya. Terlebih dalam tujuh prinsip koperasi yang dikeluarkan International Co-operative Alliance sejak 1995, disebutkan pendidikan anggota merupakan identitas sebuah koperasi.

kegalauan terhadap pendidikan anggota itu disampaikan Ketua Koperasi Pegawai Pemda DKI Jakarta KPPD Gelar Pendidikan Anggota Peningkatan Kompetensi Bisnis Koperasi Aspek pendidikan bagi anggota koperasi merupakan hal utama karena bukan koperasi jika tak ada pendidikan anggota.

Selain untuk mengembangkan filosofi dan misi gerakan koperasi, lewat pendidikan dan pelatihan anggota akan mendapatkan kiat bagaimana mengelola koperasi yang baik. Hasanuddin ketika membuka Pendidikan dan Pelatihan Anggota KPPD pertengahan September lalu. Menurut dia, belakangan ini sering ditemui koperasi berbasis anggota masyarakat yang lalai bahkan tidak pernah melakukan pendidikan anggota.

“Ini sama artinya mengkhianati prinsip-prinsip koperasi itu sendiri, mestinya aparat pemerintah menegur koperasi demikian karena bisa merusak citra koperasi secara keseluruhan,” ujarnya dihadapan 250 peserta pelatihan yang notabene pegawai Pemda DKI Jakarta.

Pelatihan yang berlangsung di Hotel Royal Safari Garden, Cisarua Jawa Barat itu di buka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DKI Jakarta Adi Ariantara. Masih kata Hasanuddin, tidak ada koperasi yang bisa maju tanpa dikelola oleh orang yang mempunyai kompetensi. Oleh sebab itu diperlukan pendidikan agar anggota tahu hak dan kewajibannya, harus berbuat apa
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI