Tampilkan di aplikasi

Dolanan interaktif di museum nasional

Majalah Peluang - Edisi 115
30 September 2019

Majalah Peluang - Edisi 115

Anak-anak pramuka antusias bermain dam-daman dalam workshop permainan tradisional di Museum Nasional I

Peluang
Permainan sekarang makin ditinggalkan, terutama di kota-kota tradisional besar. Anak-anak lebih menyukai mengunduh berbagai permainan menarik yang disediakan oleh ponsel cerdas. Hampir tak terlihat anak-anak memainkan permainan tradisional di luar rumah. Padahal, permainan tradisional merupakan identitas bangsa.

Hasil kearifan lokal masyarakat itu sangat perlu dilestarikan, sebelum telanjur punah. Untuk melindungi, memanfaatkan, dan mengembangkan kebudayaan Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan UU No. 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Di dalam Pasal 5 dinyatakan tentang objek pemajuan kebudayaan bahwa permainan rakyat merupakan salah satu obyek pemajuan kebudayaaan.

Dalam kaitan ini, Museum Nasional berupaya menjadi bagian untuk menyuarakan betapa pentingnya permainan tradisional. Perubahan orientasi Museum dari object oriented menjadi public oriented membawa perubahan pada program publik museum. Museum berperan aktif untuk mengedukasi masyarakat, salah satunya dengan menyelenggarakan workshop permainan tradisional.

Museum sebagai lembaga pendidikan diarahkan untuk membuat masyarakat menyadari identitasnya. Jadi, tidak hanya sekadar koleksi mainan tradisional yang ditampilkan secara pasif dalam ruang pameran tetapnya seperti yang disajikan di Lantai 3, Museum Nasional juga penting menyosialisasikan sebanyak mungkin jenis permainan tradisional itu kepada masyarakat secara interaktif.

Menyambut Hari Pendidikan Nasional, pada 25 Mei 2018 lalu, Museum Nasional melaksanakan kegiatan workshop permainan tradisional. Kegiatan ini diadakan bekerjasama dengan komunitas pemuda yang bernama Kampung Dolanan.

Museum Nasional juga berkerjasama dengan Bapak Gasing Indonesia, Endi Aras. Dalam workshop sehari yang diikuti 300 peserta itu peserta dapat mencoba bermain sembilan permainan tradisional. Terdiri atas damdaman, bakiak, egrang batok, egrang bambu, congklak, gasing bumbung, bekel, bedil jepret, dan yoyo.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI