Tampilkan di aplikasi

Modernisasi koperasi sesuai selera generasi milenial

Majalah Peluang - Edisi 116
7 November 2019

Majalah Peluang - Edisi 116

Teten Masduki

Peluang
Sejak minggu pertama setelah dilantik, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menampung berbagai masukan dari para pelaku koperasi, karena mereka semua yang bersentuhan langsung di bawah dan yang mengetahui secara pasti permasalahan dan tantangan di lapangan. Di antaranya untuk memasyarakatkan koperasi di kalangan anak muda dari generasi milenial.

Saat menerima Asosiasi Koperasi Simpan Pinjam Indonesia (Askopindo), akhir Oktober lalu di kantornya, mantan Kepala Staf Presiden ini memaparkan keinginan membuat skema besar dalam memodernisasi koperasi di Indonesia. Pria kelahiran Garut 6 Mei 1963 ini menyebutkan perlunya upaya untuk memodernisasi koperasi agar bisa naik kelas dan bersaing dengan sektor usaha yang lain.

Langkah itu sesuai dengan amanah yang diterimanya dari Presiden Joko Widodo yang meminta agar koperasi terus didorong untuk lebih berkontribusi terhadap perekonomian nasional yang saat ini masih berada di level 5 persen. Agar bisa menjadi salah satu penopang ekonomi yang andal, menurut Teten, koperasi harus dikemas modern dengan memanfaatkan teknologi sebagai prasyarat masuk ke pasar persaingan dewasa ini.

Dengan demikian, koperasi bakal mampu tegak sejajar dengan pelaku usaha lainnya. Dalam keterangan persnya, Teten menyatakan tengah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mendorong UKM agar bisa berperan dalam peningkatan ekspor dan mampu berkompetisi di pasar dalam negeri.

“Jadi memang harus kita rumuskan bagaimana koperasi ini go global. produk-produk koperasi bisa bersaing dengan produk usaha besar di dalam negeri. Oleh karena itu, maka kemampuan UMKM dan koperasi, modernisasi, pembiayaan, ini memang harus diberesin,” ungkap mantan Ketua Indonesia Corruption Watch ini.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI