Tampilkan di aplikasi

Inovasi saat pandemi

Majalah Peluang - Edisi 122
5 Mei 2020

Majalah Peluang - Edisi 122

Drs. Dakso Sartono, M.Pd

Peluang
Tahun ini ini bisa dibilang masa yang berat bagi dunia usaha, termasuk koperasi karena terjadinya wabah virus corona atau Covid-19. Namun demikian, seperti ungkapan bijak di samping kesulitan selalu ada kemudahan. Ini pula yang diyakini oleh Dakso Sartono, Ketua Umum Koperasi Keluarga Guru Jakarta (KKGJ).

Sebagai koperasi yang memiliki multi usaha mulai dari SPBU, SPBE, toko ritel, kolam renang, agen elpiji, air isi ulang, pertanian, sekolah hingga unit simpan pinjam (USP), KKGJ mengakui terdampak Covid-19.

“Wabah corona memang memengaruhi usaha KKGJ, namun tidak semua unit usaha kami yang terdampak,” ujar Dakso.

Usaha yang langsung terkena imbasnya adalah foodcourt dan KKGJ Mart. Ini karena kedua usaha tersebut lokasinya berada di perkantoran dan sekolah yang ditutup sementara sesuai instruksi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sementara untuk unit usaha lainnya, diakui Dakso, tidak terlalu terpengaruh. Justru, dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), membuat pihaknya melakukan inovasi.

Ambil contoh, di layanan USP yang selama in imenjadi andalan untuk mendulang keuntungan prosesnya dilakukan secara online mulai dari pengajuan hingga pencairan.

“Kami melakukan terobosan dengan layanan online agar usaha KKGJ tetap tumbuh di tengah pandemi,” ungkapnya.

Selain melakukan inovasi dengan layanan online, Pengurus juga mengarahkan USP, khususnya pinjaman untuk kegiatan yang bersifat investasi dibanding konsumtif. Ini tidak lepas dari mulai melandainya jumlah pinjaman dalam beberapa tahun terakhir karena taraf kesejahteraan para guru di DKI Jakarta umumnya sudah meningkat.

Refocusing alokasi pinjaman ini juga sebagai jalan keluar untuk mengurangi dana menganggur (idle money) di koperasi. Karena, bertambahnya jumlah simpanan tanpa diimbangi dengan penyaluran pinjaman akan menambah beban bagi koperasi. Sebab, harus mengeluarkan bunga untuk membayar simpanan para anggota.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI