Tampilkan di aplikasi

Peradaban baru Jakarta

Majalah Portonews - Edisi 04/2019
12 April 2019

Majalah Portonews - Edisi 04/2019

Dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim, MRT fase I saya nyatakan dioperasikan, sekaligus MRT fase II hari ini kita mulai lagi,” kata Presiden Joko Widodo ketika meresmikan MRT Jakarta.

Portonews
Ya, Minggu, 24 Maret 2019, menjadi hari bersejarah bagi dunia transportasi Indonesia, khususnya di Jakarta. MRT Jakarta bernama Ratangga resmi beroperasi pada fase I rute Lebak Bulus – Bundaran HI, secara umum untuk masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Seluruh warga Indonesia khususnya warga DKI Jakarta yang saya cintai dan saya banggakan. Hari ini peradaban baru akan kita mulai dengan dioperasikannya MRT fase pertama,” ujar Presiden saat memulai sambutannya di hadapan masyarakat yang datang berbondongbondong memenuhi Bundaran HI untuk melihat secara langsung peresmian moda raya terpadu ini.

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan, budaya disiplin juga harus dimiliki masyarakat seiring dengan adanya MRT. Menurutnya, semua kebiasaan baik tersebut harus dilakukan masyarakat.

“Antre kalau mau masuk ke MRT, jangan buang sampah sembarangan di stasiun MRT maupun di dalam MRT nya,” ucap Jokowi yang didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja di antaranya, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Wiranto, Menteri Kesehatan Nila F.

Moeloek, dan lainnya. Ia berharap, dalam 10 tahun sepanjang 231 km jalur MRT dapat terbangun di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan, anggaran yang diperlukan untuk pembangunan 231 km MRT Jakarta dan sekitarnya itu mencapai Rp571 triliun, termasuk untuk penataan ruang, penataan pemukiman, juga masalah yang berkaitan dengan drainase di dalam kota.

Senada dengan Presiden Jokowi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan harapannya kepada seluruh warga DKI Jakarta dengan hadirnya MRT tidak hanya memberikan kenyamanan dan kemudahan, tetapi turut membentuk perilaku dan karakter sebagai warga dunia yang maju dan beradab.
Majalah Portonews di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI