XL Axiata perkuat sektor IoT

Majalah Portonews - Edisi 06/2019
10 Juni 2019

Majalah Portonews - Edisi 06/2019

Group Head Product & Marketing XL Axiata Sharif Lukman Mahfoedz / Foto : Henri Loedji

Portonews
Teknologi telepon seluler sudah berkembang pesat, jauh melebihi fungsi dasarnya. Dulu, ponsel lebih banyak digunakan untuk komunikasi suara dan pesan singkat. Kini, ponsel lebih banyak digunakan untuk komunikasi data.

Pengguna juga tidak lagi sekadar membuka website atau memperbarui statusnya di media sosial tapi juga mengakses berbagai layanan dan perangkat yang terhubung dengan internet.

Inilah yang dimaksud dengan Internet of Things atau IoT. Operator telekomunikasi pun harus mengikuti perubahan tersebut. XL Axiata tidak mau ketinggalan. Perusahaan ini mulai serius menggarap pasar IoT.

“Dari sekian ratus juta orang penduduk Indonesia, penetrasi mobile sudah lebih dari 100 persen. Rata-rata satu orang pegang lebih dari satu kartu (SIM card). Jadi kami pikir kami tidak bisa hanya fokus pada bisnis halo-halo tapi juga pada bisnis yang lain,” kata Group Head Product & Marketing XL Axiata Sharif Lukman Mahfoedz kepada PORTONEWS di kantor pusat XL Axiata, Jakarta, pertengahan Mei 2019 lalu.

“Contohnya di sini adalah rumah IoT Indonesia. Kami di XL Enterprise coba mengeksplor ceruk-ceruk baru untuk revenue. Bukan hanya telepon dan sms lagi. Karena kami tahu industri berubah. Industry 4.0 sudah otomasi, mesin ngomong sama mesin, mesin ngomong sama platform.

Jadi sudah bukan manual operator lagi. Banyak industri sudah menuju ke arah sana. Sebagai opreator, kami juga menyediakan layanan itu dan ikut menorong pertumbuhan industri ini,” ujarnya.

Majalah Portonews dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI