Tampilkan di aplikasi

Manakala limbah sawit merambah pasar ekspor

Majalah Portonews - Edisi 10/2019
9 Oktober 2019

Majalah Portonews - Edisi 10/2019

Sawit

Portonews
Presiden Joko Widodo telah memastikan keberlanjutan industri kelapa sawit di periode kedua pemerintahannya, 2019-2024. Bicara industri tentu ada kaitannya erat dengan limbah dari industri kelapa sawit.

Jokowi tak hanya mendorong variasi olahan ekspor produk pertanian, namun pemanfaatan limbah produk pertanian dalam hal ini limbah sawit juga ditargetkan mampu mengisi pasar ekspor.

Hal itu tak lepas dari industri kelapa sawit yang berkontribusi terhadap pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) di tahun 2030. Itu artinya sejalan dengan dengan program dunia yaitu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menyejahterakan masyarakat di seluruh dunia, khususnya di Indonesia tercinta ini.

Seperti diketahui, sektor kelapa sawit telah terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan.

Berdasarkan data Kementerian Perekonomian, total nilai ekspor produk sawit pada 2018 sebesar US$17,89 miliar, dan berkontribusi hingga 3,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Dalam sektor ketahanan energi, penerapan kebijakan mandatori biodiesel dalam kurun waktu Agustus 2015 hingga 30 Juni 2018 mencatatkan penghematan devisa sebesar US$2,52 miliar atau setara Rp30 triliun.

Sementara sebagai industri padat karya, jutaan masyarakat pun bergantung pada sektor kelapa sawit. Industri perkebunan sawit mampu menyerap hingga 4,2 juta tenaga kerja langsung dan 14,3 juta tenaga kerja tidak langsung, Sementara kebun sawit yang dikelola petani swadaya mampu menyerap 4,6 juta orang.

Selain itu, sejak tahun 2000 sektor kelapa sawit Indonesia membantu 10 juta orang keluar dari garis kemiskinan karena faktor-faktor yang terkait dengan ekspansi kelapa sawit. Setidaknya 1,3 juta orang yang hidup di pedesaan keluar dari garis kemiskinan secara langsung berkat kelapa sawit.
Majalah Portonews di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI