Tampilkan di aplikasi

Jenis tinta printer inkjet

Majalah Print Media - Edisi 84
12 September 2018

Majalah Print Media - Edisi 84

Tinta Printer Inkjet.

Print Media
Secara umum jenis tinta printer inkjet dibagi kepada 3 (tiga) jenis, yakni: Dye based Ink, Sublimation Ink dan Pigmen Art Ink. Tinta Dye Based, merupakan tinta yang paling banyak dipakai karena tinta ini memiliki harga yang terjangkau dan merupakan tinta dengan harga paling murah.

Tinta tipe Dye Based bahan dasarnya adalah air, kalau dalam ilmu Kimia namanya H2O, Air ini kemudian diberi pewarna bernama “Colurant” yang membuatnya bisa menyatu dengan baik pada air dan juga kemungkinan untuk menyumbat Printhead atau katrid sangat kecil. Tinta jenis ini memiliki kelebihan pada hasil cetak yang cerah pada kertas foto.

Tinta Sublim, adalah siklus perubahan benda dari padat ke gas. Kebanyakan orang menggunakan tinta printer tipe ini untuk keperluan media selain kertas walaupun tetap melalui perantara kertas, tetapi proses pelekatan hasil cetak membutuhkan pemanas seperti ketika membuat gambar pada MUG.

Tinta sublim memiliki karakter yang jauh tahan lama dibandingkan tipe dye based yang berasal dari air dan degradasi warna yang lebih kuat. Oleh karena tinta sublim memiliki ketahanan yang lebih kuat, sebaliknya berisiko menimbulkan printhead yang tersumbat apabila jarang dipakai.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI