Tampilkan di aplikasi

Membangun portofolio profesional fotografi

Majalah Print Media - Edisi 100
5 Mei 2021

Majalah Print Media - Edisi 100

Contoh Portofolio Cetak / Foto : www.design.tutsplus.com

Print Media
Mengapa seorang fotografer membutuhkan portofolio? Pertanyaan ini sebagai pembuka sebelum membahas lebih lanjut tentang apa itu portofolio. Seorang fotografer yang membuat portofolio dapat memiliki beberapa tujuan, salah satu tujuannya adalah; fotografer membuat portofolio untuk dirinya sendiri yaitu untuk kepuasan bahwa sudah membuat karya-karya bagus yang bisa dikoleksi. Tetapi tujuan utama membuat portofolio adalah beriklan, karena iklan adalah mesin perdagangan, dan portofolio penting bagi para fotografer yang menjual layanan/jasa mereka.

Orang lain yang membutuhkan jasa foto cenderung meminta fotografer untuk menunjukkan hasil pekerjaan terbaiknya. Setiap profesi membutuhkan portofolio dengan format nya masing-masing, dan portofolio tersebut akan berhubungan kuat terhadap karir profesinya.

Secara pengertian umum, portofolio atau portfolio merupakan ringkasan pengalaman kerja serta berbagai pencapaian yang telah didapatkan sebelumnya dan berhubungan dengan bidang pekerjaan berikutnya yang akan dilamar. Di bidang fotografi, portofolio seharusnya adalah representasi dari karya terbaik dari seorang fotografer, yang biasanya berisi foto-foto yang paling disukai dan menggambarkan jenis karya fotografi dari fotografer tersebut. Biasanya portofolio tidak perlu berisi banyak foto, apalagi tercampur dengan foto-foto yang kualitasnya biasa-biasa saja, nanti mengakibatkan calon klien, calon bos, atau sekolah yang dilamar akan menganggap karyanya tidak konsisten. Biasanya, portofolio yang baik cukup berisi kurang lebih 10 hingga 30 foto.

Foto-foto yang ditampilkan juga sebaiknya merupakan jenis foto yang menjadi konsentrasi fotografer, misalnya fotografer mendalami tentang foto model atau portrait, maka portofolio seharusnya adalah foto portrait/model, bukan foto landscape atau foto lainnya. Apabila memang memiliki minat lebih dari satu jenis fotografi dan sangat mahir di keduanya, misalnya foto wedding dan foto produk.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI