Radar Tegal dapat dibaca gratis dalam masa terbatas di aplikasi smartphone & tablet Android.

Editorial

Duka menyelimuti sejumlah keluarga di Kabupaten Brebes. Lima diantaranya keluarga siswa SMK Negeri 1 Bulakamba yang tengah mengikuti program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Kapal Motor (KM) Pieces.

Diketahui, kapal tersebut tenggelam di perairan Matasiri, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa malam (30/7), setelah sebelumnya terbakar akibat terjadi kerusakan.

Dikabrkan satu siswa selamat, kini sedang dievakuasi menuju Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP) di Pekalongan. Korban tersebut yakni, Muhammad Samlawi asal Desa Kupu, RT 07 RW 07 Kecamatan Wanasari.

Sementara siswa yang belum ditemukan Febry Pratama Alan R., siswa asal Desa Tegalglagah, RT 04 RW 09, Kecamatan Bulakamba; Priyanto asal Desa Petunjungan, RT 02 RW 02, Kecamatan Bulakamba; M. Kastari asal Desa Tegalglagah, RT 02 RW 04, Kecamatan Bulakamba, dan Hikmal Ramadhan asal Kelurahan Pasarbatang, RT 01 RW 07, Brebes.

Apresiasi parut diberikan pada pihak sekolah. Sebab langkah cepat ditempuh untuk mendapat informasi akurat ihwal siswanya yang mengalami kecelakaan laut tersebut. Lebih dari iti, sekolah juga telah mengasuransikan siswanya, sehingga apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan, pihak keluarga bisa mendapatkan haknya.

Kaitan dengan korban yang belum ditemukan, mudah-mudahan bisa segera ditemukan dalam kondisi apapun.

Hal ini juga menjadi pelajaran bagi sekolah-sekolah kejuruan lainnya. Khususnya ihwal menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang akan menjadi tempat praktik kerja industri (prakerin) Pastikan bahwa perusahaan atau tempat prakerin adalah perusahaan yang bertanggungjawab dalam segala hal.

Dengan begitu, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat pelaksanaan prakerin, proses penyelesaiannya tidak ribet. Untuk keluarga korban, mudah-mudahan dapat menerima dengan ikhlas. Sebab musibah bisa datang kapan saja dan dimana saja. Mari kita doakan, semoga semua awak KM Pieces ditemukan dalam kondisi selamat. Semoga....

Agustus 2019