Tampilkan di aplikasi

Sang Pendamai

Majalah Risalah Hati - Edisi 21
1 April 2024

Majalah Risalah Hati - Edisi 21

Nabi Muhammad adalah pendamai terbaik yang pernah ada di muka bumi.

Risalah Hati
Tugas terberat seorang pemimpin adalah memenej konflik yang terjadi di antara rakyatnya. Di situlah kepemimpinannya benar-benar diuji. Pemimpin sejati adalah pemimpin yang mampu mendamaikan konflik sampai ke hati. Mendamaikan tanpa menyisakan dendam.

Kebanyakan pemimpin biasanya hanya mampu melerai konflik dengan kekuasaannya. Konflik berhenti namun dendam belum redam. Pihak yang terzalimi tak mendapatkan haknya. Akhirnya permusuhan masih tersimpan dalam hati seperti api dalam sekam. Suatu saat, konflik yang lebih besar dapat berkobar.

Nabi Muhammad adalah teladan dalam kepemimpinan. Dalam meredam konflik, beliau benar-benar mampu meredam hingga ke akarnya. Konflik antara suku Aus dan Khazraj yang telah terjadi turun temurun selama lebih dari 120 tahun berhasil beliau damaikan.

Jumlah suku Khazraj lebih besar dibanding suku Aus. Tak heran jika suku Khazraj selalu menang dalam setiap pertempuran. Pada perang Buats, suku Aus berkoalisi dengan Yahudi dan berhasil mengalahkan Khazraj.

Sayangnya, kemenangan itu harus dibayar mahal dengan meningkatnya dominasi Yahudi di Madinah. Aus pun mencoba melakukan rekonsiliasi dengan Khazraj untuk menyingkirkan Yahudi. Mereka mengangkat Abdullah bin Ubay bin Salul sebagai calon raja Madinah untuk menyatukan Madinah.

Bersamaan dengan upaya itu, sebagian pemimpin Aus dan Khazraj menemukan pelita yang lebih mampu menyatukan mereka, yaitu seorang lelaki Makkah yang menyatakan dirinya sebagai Nabi. Sosok yang sering mereka dengar dari Yahudi dan sedang mereka tunggu-tunggu. Mereka menemukannya, berbaiat padanya, dan memberinya suaka dari represi kaum Makkah.
Majalah Risalah Hati di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI