Tampilkan di aplikasi

Menguji kehebatan stop kontak pintar

Tabloid Rumah - Edisi 368
11 Mei 2017

Tabloid Rumah - Edisi 368

TP Link Smart Plug bisa diaplikasikan di berbagai ruangan di rumah mulai dari ruang tidur, ruang tamu, hingga dapur. / Foto : Jou Endhy Pesuarissa

Rumah
Apakah Anda termasuk orang yang sering lupa mencabut kabel saat mengisi daya (charge) ponsel maupun menggunakan peralatan elektronik lainnya di rumah? Jika iya, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan buruk ini. Selain dapat membuat alat elektronik atau ponsel Anda rusak karena terlalu lama di-charge, biaya listrik pun jadi lebih besar.

Hanya saja, namanya kebiasaan cenderung sulit dihilangkan. Untuk membantu Anda menghilangkan kebiasaan ini sekaligus membuat peranti Anda awet dan konsumsi listrik kecil, kini sudah hadir beberapa inovasi. Mulai dari kabel pengisi daya yang bisa menghentikan pengisian secara otomatis hingga stop kontak yang bisa dikendalikan lewat aplikasi.

Nah, kali ini RUMAH berkesempatan untuk menguji cara kerja stop kontak pintar TP Link Wi-Fi Smart Plug HS100. Stop kontak ini memungkinkan penggunanya untuk mengendalikan nyala dan padamnya aliran listrik ke peranti lewat aplikasi yang tersambung dengan koneksi internet. Pengoperasian stop kontak ini cukup mudah. Pengguna cukup menyambungkan Smart Plug ke stop kontak di rumah kemudian mengoneksikannya ke aplikasi khusus yang bisa diunduh di ponsel pintar (smart phone).

Pada aplikasi bernama Kasa tersebut, terdapat berbagai pilihan menu. Misalnya menu on/ off untuk mengatur nyala dan padamnya aliran listrik dari stop kontak menuju peranti, menu timer untuk mengatur waktu operasi stop kontak, hingga menu untuk mengatur jadwal hidup atau matinya stop kontak.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI