Tampilkan di aplikasi

Terinspirasi vila di Bali

Tabloid Rumah - Edisi 382
10 November 2017

Tabloid Rumah - Edisi 382

Dalam mendesain huniannya, pemilik rumah ini mengadopsi desain vila-vila di Bali yang terasa asri. / Foto : Adeline Krisanti

Rumah
Beberapa kali kunjungan mereka ke Bali ternyata meninggalkan kesan mendalam bagi pasangan Dimas Dwilasetio dan Rininta Duaty. Keduanya jatuh cinta pada aristektur vila Bali yang bersuasana tenteram dan menyatu dengan alam. Saat membangun hunian, mereka ingin mengadopsi gaya tersebut. Akhir 2016, keinginan mereka pun tercapai. Hunian seluas 200 m2 berhasil terbangun dengan indah.

Sesuai mimpi mereka, beberapa sudut di rumah ini dibuat seperti bangunan di Bali Salah satu contoh sentuhan rumah tradisional Bali dapat dilihat pada atap rumah. Di Bali banyak terdapat atap yang diekspos atau atap tanpa penutup. Tujuannya, struktur atap bangunan tetap terlihat keindahannya. Begitu pun di rumah ini, yang menggunakan genting tanah liat sebagai penutup atapnya.

Ciri lain yang menggambarkan vila di Bali pada rumah ini ialah suasananya yang menyatu dengan alam. Berkat jendela besar di tengah rumah, teras dan taman kecil di belakang lahan langsung terlihat dari ruang keluarga dan ruang tamu. Dengan membawa ruang luar ke dalam, suasana rumah jadi lebih santai. Udara pun dapat mengalir dengan lancar

Rumah di bilangan Jatiwaringin ini dibangun tak bertingkat. Satu lantainya terdiri dari dua kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, ruang makan, dan teras. Namun, jumlah ruang ini ternyata cukup untuk memenuhi kebutuhan ruang pasangan ini. Kegiatan bersantai, bermain, hingga menjamu tamu dapat terangkum di lantai ini.

“Rumah ini dibangun sesuai kebutuhan. Kami baru punya dua anak kecil yang tidurnya juga masih sama kami, jadi belum butuh banyak kamar. Walaupun enggak terlalu luas, yang penting cukup untuk tempat bermain dan ruang gerak anak. Tapi nantinya kalau mau memperluas atau meningkat, udah dipikirkan sih sama arsiteknya akan dibangun seperti apa,” ujar Cinta, panggilan akrab Rininta.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI