Tampilkan di aplikasi

Gizi untuk sang juara

Majalah Rumah Zakat - Edisi 49
10 Oktober 2017

Majalah Rumah Zakat - Edisi 49

Siswa SD Juara mendapatkan makanan sehat.

Rumah Zakat
Program Gizi untuk Sang Juara menjadi salah satu program utama yang dilaksanakan di SD Juara Jakarta Timur. Sesuai dengan nama program yang digulirkan, Program Gizi Sang Juara ini dilaksanakan untuk memberikan tambahan gizi untuk anak-anak di SD Juara Jakarta Timur. Menurut keterangan Ahmad Kosasi, Kepala SD Juara Jakarta Timur, program tersebut sudah dimulai sejak tahun 2010.

Diawali dengan adanya Kantin Sehat yang berlanjut dengan program pembagian makanan serta kontrol berat badan siswa. Setiap bulan berat badan siswa ditimbang. Mereka yang berat badannya kurang diberikan makanan tambahan seperti susu, roti, dan pisang. Sebaliknya, mereka yang berat badannya berlebih diberikan buah-buahan seperti jeruk dan pepaya.

Setelah program ini berakhir, guru-guru SD Juara Jakarta Timur kemudian berinisiatif untuk melanjutkan program gizi tersebut dengan melanjutkan kantin sehat dan program berbagi makanan sehat di kelas masing-masing. Salah satu program yang diinisiasi oleh guru-guru SD Juara Jakarta Timur ialah program SMS (Sedekah Makanan/Minuman Siswa). Dalam program ini, setiap siswa dijadwalkan untuk membawa makanan atau minuman sehat dan membagikannya kepada teman-teman sekelas.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan pada hari Jum’at setiap minggunya ini dapat memberikan tambahan gizi untuk anak-anak juara. Sebab, menurut Sistanto Purnomo, salah satu wali kelas di SD Juara, makanan yang boleh dibagikan pun harus memenuhi kriteria makanan sehat. “Anak-anak hanya boleh membawa makanan sehat seperti puding, nasi kuning, susu UHT, atau makanan-makanan lain yang diolah sendiri dan tidak mengandung pengawet, pemanis, dan perasa buatan,” tuturnya.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI