Majalah Rumah Zakat - edisi 50
GRATIS
Edisi 50
60 Halaman, Terbit 12 November 2017
Majalah Bulanan

Bangkit dan memberdayakan sesama di Okura. Pemberdayaan ekonomi dan lingkungan menjadi program yang diimplementasikan Rumah Zakat di sana.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ing ngarso sung tulodho, Ing madya mangunkarsa, Tut wuri handayani (di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, dan dibelakang memberi daya kekuatan). – Ki Hajar Dewantara – Kutipan kalimat dari Ki Hajar Dewantara ini menjadi kerangka atas upaya-upaya Rumah Zakat untuk menunaikan amanah dan melaksanakan pemberdayaan masyarakat. Kami masih banyak kekurangan untuk bisa memberikan teladan yang sempurna. Namun ikhtiar untuk berbuat kebaikan kami wujudkan dengan berupaya memberikan program dan dampak yang terbaik bagi masyarakat di 977 Desa Berdaya di Indonesia.

Berada langsung di tengah masyarakat juga menjadi komitmen kami. Para Fasilitator Rumah Zakat berdedikasi untuk mengembangkan potensi dan menjadi solusi di setiap Desa Berdaya yang dibina. Aperta Rajif di Desa Okura Pekanbaru yang kami hadirkan ceritanya di edisi kali ini misalnya, adalah salah satu sosok kehadiran dan kolaborasi seorang Fasilitator Desa Berdaya dan masyarakat. Aperta memberikan fokus pengembangan potensi ekonomi di Desa Okura, berdasarkan pengamatan dan interaksinya dengan warga.

Alhamdulillah banyak warga yang terlihat nyata kenaikan penghasilannya. Diantaranya adalah Tarto yang berjualan bakso dan Sriyanto yang mempunyai usaha es cendol. Upaya dan inisiatif pemberdayaan masyarakat ini kami dorong dengan daya kekuatan penghimpunan dana-dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) yang Anda amanahkan. Tidak hanya Desa Berdaya, unit-unit layanan program seperti Sekolah Juara di Pekanbaru pun menjadi bagian pendayagunaan dana ZIS. Harapannya semakin banyak generasi soleh yang berkualitas bisa dihasilkan untuk menjadi aset pembangunan bangsa. Miftahul Husna yang adalah siswa kelas V SD Juara Pekanbaru, menjadi salah satu bukti nyata. Meski diri dan keluarganya memiliki kekurangan, tapi semangatnya untuk menjadi guru tahfidz tetap menyala.

Upaya-upaya berbuat kebaikan ini menjadi wujud nyata untuk meneladani para pahlawan. Terima kasih, Anda telah menjadi bagian penting bagi kami agar senantiasa bisa menjadi teladan, memberi semangat, dan memberi daya kekuataan untuk Indonesia yang semakin berdaya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Sampul
Ikhtisar
Sapa CEO : Perbuat kebaikan, ikhtiar meneladani para pahlawan
Cita rasa : Minuman segar pelepas dahaga
Alkisah : Ulbah bin Zaid, sang fakir yang dermawan
Bahagia dengan berbagi di nusantara
Membangun Desa berdaya di pinggiran kota
Topik utama : Bangkit dan memberdayakan sesama di Okura
     Usaha berkah dengan berbagi
     Sekolah pencetak karakter juara
     Berprestasi meski terbatas ekonomi
Senyum sampul : Maryeti, ingin membantu orang lain melalui usahanya
Sharing happiness : Tak dibangunkan di waktu adzan subuh, Egie menangis
Rekam jejak : Kolaborasi antara Jawa Barat, bobotoh, hingga ketua MPR untuk masyarakat Rohingya
Sepanjang September 2017, Rumah Zakat telah memberdayakan 272.545
Berbagi sepanjang tahun : Superqurban untuk pelosok negeri
Rona nusantara : Kutemukan arti kehidupan di Desa Nompo
Perspektif : Pilihan hidup para pahlawan
Mitra berbagi : Karena berbagi itu dicontohkan oleh Rasul
Catatan Pak Adhy : Bentuk
Cek finansial : Agar bermitra dengan teman tidak berujung menyakitkan
Keluarga bahagia : Agar anak tidak kecanduan gadget
Bilik klinik : Kosumsi ikan dan ayam dalam waktu bersamaan
Tanya ustaz : Hukum bertransaksi dengan mengunakan go-pay
Potret
Bincang : Ustadz Hanan Attaki, dakwah anti mainstream pemuda taat tapi asik
Dari kita : Millenials, flipfunneling dan mobile strategy
Sinergi
Terima kasih
Dilandasi dengan semangat untuk menjadi NGO terbaik dalam menyalurkan kebahagiaan antara para donatur dan juga penerima manfaat, Rumah Zakat tidak hanya berkomitmen menjadi lembaga yang terpercaya, progresif, dan profesional, tapi juga dapat berkolaborasi dengan beragam pihak demi terciptanya pemberdayaan masyarakat Indonesia. Alhamdulillah saat ini Rumah Zakat menjadi salah satu LAZNAS yang paling dipercaya oleh masyarakat.
2017