Tampilkan di aplikasi

Ulbah bin Zaid, sang fakir yang dermawan

Majalah Rumah Zakat - Edisi 50
9 November 2017

Majalah Rumah Zakat - Edisi 50

“Tidak ada yang membahayakan Usman dengan apa yang dia perbuat setelah ini.”

Rumah Zakat
Ulbah bin Zaid adalah salah seorang sahabat Rasulullah SAW dan dia adalah salah satu potret kedermawanan si fakir. Bagaimana si fakir dermawan? Ini adalah hal yang luar biasa. Biasanya kedermawanan berasal dari yang kaya, tetapi berbeda dengan Ulbah bin Zaid si fakir yang sangat dermawan. Ketika itu Rasulullah SAW mengabarkan kepada para sahabat tentang tujuan dan rencana untuk melaksanakan peperangan di daerah Tabuk, sebuah daerah yang sangat jauh bagi bangsa Arab pada saat itu.

Rasulullah mengajak para dermawan untuk menginfakkan harta mereka guna bekal bagi pasukan yang akan berangkat menuju medan perang. Peristiwa ini dikenal dengan Jaisyul ‘Usroh. Ulbah bin Zaid berasal dari suku Anshor dari kabilah Aus, dia adalah seorang yang fakir dan tidak memiliki harta benda untuk diinfakkan, guna mendukung pasukan yang akan pergi berperang. Ia hanya dapat menyaksikan kesibukan kaum muslimin dalam mempersiapkan kelengkapan perang.

Semua orang telah melengkapi dirinya dengan perlengkapan perang, seperti baju besi, pedang, panah, tombak, unta, kuda, dan lain lain. Ia menyaksikan semua itu dengan kesedihan yang mendalam, karena ia tidak memiliki uang sepeserpun untuk membeli peralatan perang tersebut. Pagi itu, setelah sholat subuh, ia mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang mempersiapkan Jaisyul ‘Usroh, untuknya surga”.

Panas dingin rasa badannya mendengar sabda Nabi itu, apalagi dalam peperangan ini Rasulullah tidak menerima mujahid kecuali mereka yang memiliki kendaraan dan kelengkapan perang. Ulbah juga melihat ketika Rasulullah duduk di Kota Madinah di Masjid Nabawi. Ulbah melihat Rasulullah duduk dikelilingi para sahabat. Tiba-tiba Abu Bakar datang sambil membawa uang sebanyak 4000 dirham, lalu beliau serahkan kepada Rasulullah guna keperluan perang.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI