Tampilkan di aplikasi

Menjelajah pesona desa Sawarna dengan cara tak biasa

Majalah Rumah Zakat - Edisi 52
5 Januari 2018

Majalah Rumah Zakat - Edisi 52

Meski sempat kesulitan, mengajar anak-anak itu selalu menjadi momen yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Rumah Zakat
Saya tak mampu membanyangkan, bagaimana hidup di Desa Leles, Sawarna. Menuju desanya saja kami harus menghadapi jalanan yang tak rata, membuat kami peserta Rona Nusantara yang berada di truk terguncang, meskipun sudah larut akhirnya tidak bisa tidur nyenyak. Cahaya jalanan juga tidak banyak seperti di kota pada umumnya.

Jarak kampung ke kota jauh. Tidak memiliki banyak pilihan sekolah seperti di kota. Mandi dan cuci pakaian masih mengandalkan aliran sungai. Fasilitas kesehatan kurang memadai. Jika ingin berobat ke Puskesmas, warga harus menempuh jarak yang cukup jauh.

Apakah kami mengeluh mendapati tempat semacam ini? Jelas tidak! Kami 14 orang peserta Rona Nusantara angkatan 7 sudah siap dengan ragam petulangan yang akan dihadapi. Pesertanya beragam profesi dan usia.

Berbekal selayang pandang desa yang sebelumnya dijabarkan oleh Rumah Zakat, membuat kami telah mempersiapkan mental jauh-jauh hari. Saya pribadi, sangat menyukai petulangan kemarin. Saya gunakan mata, tangan, kaki, dan seluruh anggota tubuh untuk merekam tiap sensasi petualangannya.

Acara bertajuk Sharing and Traveling ini dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 24- 26 November 2017. Kegiatannya dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama sharing, kami melakukan bakti pendidikan dengan memberikan kelas motivasi pada murid-murid SDN 02 Sawarna, mulai dari kelas I-VI yang berjumlah 154 siswa dan diakhiri dengan memberikan bingkisan.

Saat sesi kelas motivasi, sejatinya bukan kami yang mengajarkan mereka. Tapi kamilah yang belajar kepada mereka. Saya pribadi merasakan kesulitan, ternyata tidak mudah menyampaikan pesan kepada anak-anak.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI