Tampilkan di aplikasi

Sumayyah binti Khayyat, wanita pertama yang mati syahid dalam Islam

Majalah Rumah Zakat - Edisi 52
5 Januari 2018

Majalah Rumah Zakat - Edisi 52

Mendermakan jiwa adalah puncak tertinggi dari kedermawanan.

Rumah Zakat
Diantara semua wanita, darah pertama yang tumpah di jalan Allah adalah darah milik seorang wanita yang bernama Sumayyah binti Khayyat. Bisa dikatakan bahwa Sumayyah binti Khayyat adalah seorang syahidah pertama yang memegang teguh prinsipnya untuk selalu berada di jalan Allah hingga ajal menjemputnya.

Sumayyah merupakan seorang hamba sahaya dari Abu Hudzaifah bin Mughirah. Suatu ketika datanglah seorang pemuda yang bernama Yasir bin Amir Al- Kinani bersama dua orang saudaranya, Al-Harits dan Malik, dari Yaman untuk mencari saudara mereka yang sudah lama menghilang.

Setelah letih mencari dan bertanya tentang keberadaan saudara mereka yang hilang namun tak mendapatkan hasil dan tak ada harapan untuk dapat bertemu dengan saudara mereka, maka pulanglah kedua saudara Yasir tersebut ke Yaman. Adapun Yasir sendiri tetap tinggal di Makkah karena negeri itu sangat menarik hatinya dan memutuskan untuk hidup di sana.

Sebagai orang asing, Yasir menyadari ia harus mencari seseorang yang dapat menjaminnya dari kerasnya kehidupan di zaman yang menerapkan hukum rimba. Siapa yang kuat ia yang berkuasa. Tak ada tempat untuk orang yang lemah. Akhirnya Yasir menjadikan Abu Hudzaifah bin Al- Mughiroh sebagai saudara angkatnya (haliif).

Abu Hudzaifah yang melihat kebaikan sifat dan akhlak Yasir yang menarik hatinya, memutuskan untuk menjodohkan Yasir dengan budaknya, Sumayyah. Maka menikahlah budak Sumayyah dengan pemuda Yasir. Dan dari pernikahan itu mereka dikaruniai seorang putra yang diberi nama Ammar.

Dan bertambah pula kebahagiaan mereka ketika Abu Hudzaifah memerdekakan Ammar dari perbudakan. Setelah Abu Hudzaifah meninggal, keluarga Sumayyah hidup di bawah perlindungan Bani Makhzum sampai Ammar menginjak dewasa ketika Sumayyah dan Yasir memasuki usia tua.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI