Tampilkan di aplikasi

Deky Mustofa, berinovasi menuju mandiri

Majalah Rumah Zakat - Edisi 55
4 April 2018

Majalah Rumah Zakat - Edisi 55

Deky Mustofa adalah salah satu penerima manfaat bantuan usaha dari Rumah Zakat. Pria berusia 40 tahun ini mengenal Rumah Zakat sejak 2016.

Rumah Zakat
Deky Mustofa adalah salah satu penerima manfaat bantuan usaha dari Rumah Zakat. Pria berusia 40 tahun ini mengenal Rumah Zakat sejak 2016. Saat itu ia menggeluti usaha woodcraft dengan produk utamanya miniatur skala atau perahu.

“Saya memulai usaha woodcraft sejak empat tahun lalu, awalnya miniatur skala. Tapi masih belum dapat pasar, alhasil dua tahun pertama tidak ada penjualan sama sekali. Baru kemudian saya menemukan ide untuk membuat kacamata kayu,” tutur Deky.

Ide tersebut ia dapatkan ketika salah satu saudaranya meminta untuk dibuatkan frame kacamata dari kayu, mengingat waktu itu profesi Deky adalah seorang pengrajin kayu. “Saya memang bisa buat miniatur skala tapi untuk frame kacamata belum mampu, makanya saya belajar dari youtube. insya Allah karena biasa, ya saya juga lama-lama bisa bikin,” ungkap Deky.

Melalui inovasi tersebut Deky menemukan pasar dari produknya, yaitu anak muda yang memiliki kecenderungan untuk tampil stylish. Menurutnya dengan menyasar kaula muda sebagai target pasar, tren kaca mata kayu miliknya akan terus berkembang baik dari segi kreativitas hingga penjualan. Tahun 2017 pria kelahiran Malang ini pun mulai menemukan peluang usaha yang lebih besar.

Deky terpilih menjadi salah satu peserta Smesco Fair di Jakarta. Di acara tersebut kacamata kayu buatannya dibeli oleh Menteri UKM. Dalam waktu bersamaan hadir juga GM Sarinah yang akhirnya memberikan kesempatan pada Deky untuk mengisi outletnya dengan kacamata kayu tersebut.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI