Tampilkan di aplikasi

Sumi, wanita tangguh, pantang mengeluh

Majalah Rumah Zakat - Edisi 62
8 November 2018

Majalah Rumah Zakat - Edisi 62

Tangguh! Itulah yang menggambarkan kepribadian dari seorang Sumi

Rumah Zakat
Tangguh! Itulah yang menggambarkan kepribadian dari seorang Sumi, wanita tulang punggung keluarga yang sudah ditinggal meninggal suaminya sejak dua tahun lalu. Kini, ia bersama kedua anaknya tinggal di Kabupaten Wonomerto, Kecamatan Probolinggo, Jawa Timur.

“Sebelum almarhum suami saya terkena penyakit komplikasi, kami mempunyai tabungan yang rencananya akan digunakan untuk biaya kuliah anak saya. Tapi, Allah berkehendak lain, tabungan tersebut digunakan untuk biaya pengobaan suami saya, hingga akhirnya suami saya meninggal,” kenang Sumi.

Kini, harapan Sumi untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anaknya pupus karena terkendala biaya. Padahal, anak Sumi yang pertama merupakan siswa lulusan terbaik di sekolahnya.

Sumi merupakan anggota Koperasi Simpan Pinjam Gembol Lestari Rumah Zakat. Untuk memajukan usahanya, ia pun mendapatkan bantuan modal usaha dari Rumah Zakat sebesar Rp5juta yang ia gunakan untuk membeli perlengkapan usahanya.

“Saya sudah jualan sayur sejak tahun 2005, jadi memang sudah punya bakat jualan dari dulu. Alhamdulillah ketika suami saya meninggal tahun 2015, saya tidak terlalu kerepotan mencari penghasilan, karena sudah terbiasa berdagang,” ungkap perempuan 45 tahuan tersebut. Sumi beraktivitas mulai dari jam 02.00 dini hari.

Sebelum berangkat ke pasar jam 03.30 WIB, ia memasak terlebih dahulu untuk bekal anak bungsunya yang masih berada di bangku kelas VII SMP. Dengan menggunakan sepeda motornya, Sumi mulai berjualan sayuran mulai pukul 07.30- 12.00 WIB.

Sumi mengaku dengan adanya Koperasi Simpan Pinjam Rumah Zakat yang bebas bunga sangat membantu keberlangsungan usahanya. Kini, Sumi tidak lagi kebingungan mencari pinjaman untuk menambah modal usahanya.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI