Tampilkan di aplikasi

Meningkatkan minat belajar warga, mulai dari anak-anak sampai lansia

Majalah Rumah Zakat - Edisi 62
8 November 2018

Majalah Rumah Zakat - Edisi 62

Kurangnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap pendidikan memacu Fuad Saifullah selaku Fasilitator Desa Berdaya Sepuh Gembol untuk menginisiasi berbagai program pendidikan.

Rumah Zakat
Kurangnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap pendidikan memacu Fuad Saifullah selaku Fasilitator Desa Berdaya Sepuh Gembol untuk menginisiasi berbagai program pendidikan. “Kondisi pendidikan di sini masih perlu ditingkatkan. Mayoritas di Desa Sepuh Gembol ini orang tuanya bekerja sebagai petani, jadi pemahaman mengenai pendidikannya masih kurang,” ujar Fuad.

Selain dibekali dengan ilmu kewirausahaan untuk memberdayakan ekonomi warga, Rumah Zakat pun menginisiasi berbagai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Desa Berdaya Sepuh Gembol. Beberapa program tersebut diantaranya, Perpustakaan Desa Juara, Bimbingan Belajar Gratis, TPQ untuk anak-anak dan Lansia.

Salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Rumah Zakat pun mendirikan Perpusakaan Desa Juara pada Februari 2018. Meskipun belum genap satu tahun didirikan, Perpustakaan Desa yang diinisiasi Rumah Zakat berhasil meraih Juara III Lomba Perpustakaan Desa tingkat Kabupaten Probolinggo.

“Alhamdulillah Perpustakaan Desa Juara Rumah Zakat di Desa Sepuh Gembol ini mendapatkan Juara III Lomba Perpustakaan Desa pada bulan April 2018. Kami bersaing dengan perpustakaan lainnya yang ada di Kabupaten Probolinggo. Biasanya yang mendapatkan juara itu perpustakaan yang sudah lama didirikan, sekitar satu sampai dua tahunan,” kata Fuad.

Fuad menambahkan, perpustakaan desa yang dibinanya bisa menjuarai lomba tersebut karena beberapa faktor. Selain dinilai dari segi administrasi dan kelengkapan buku, salah satu faktor lainnya juga sangat senang bisa mengajar dan mengamalkan ilmu saya di desa ini,” ungkap Nurhayati, salah satu pengajar bimbel sekaligus Kepala Sekolah TK Pertiwi 1.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI