Tampilkan di aplikasi

Bekali warga dengan keterampilan usaha

Majalah Rumah Zakat - Edisi 69
13 Juni 2019

Majalah Rumah Zakat - Edisi 69

Proses pembuatan handycraft

Rumah Zakat
“Beri mereka ikan, mereka akan hidup sehari. Beri mereka kail, mereka akan hidup lebih lama. Beri mereka ilmu membuat kail, mereka akan menghidupi lebih banyak orang. ” Peribahasa di atas menggambarkan kondisi perekonomian di Desa Berdaya Guha Uleu, Aceh. Sebelum adanya program pemberdayaan ekonomi di desa tersebut, para ibu rumah tangga di Desa Berdaya Guha Uleu tidak mempunyai keterampilan menjahit dan merajut. Namun, setelah adanya pemberdayaan ekonomi sejak 2016 dari Rumah Zakat, kini beberapa ibu rumah tangga yang tergabung dalam KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Cempaka Putih mempunyai keahlian untuk menghasilkan sebuah produk yang mempunyai nilai jual.

Menurut Sarlivanti, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, bantuan yang diberikan kepada masyarakat akan lebih baik berbentuk pelatihan yang menghasilkan keterampilan bagi masyarakat. Ia tidak ingin bantuan yang diberikan hanya berbentuk uang saja, melainkan dengan memberikan hal yang lebih bermanfaat dan berkelanjutan. “Di sini kami berkomitmen untuk tidak memberikan bantuan uang kepada para penerima manfaat. Kalau uangkan sehari juga bisa habis, belum tentu juga uang tersebut digunakan untuk keperluan yang benar-benar mereka butuhkan,” jelas Sarlivanti.

Sarlivanti memandang bahwa pelatihan keterampilan dan pembinaan melalui KUBE Cempaka Putih merupakan salah satu langkah yang tepat untuk memberdayakan masyarakat. Tidak hanya memberikan keahlian baru kepada masyarakat, namun dengan keahlian tersebut juga bisa memberikan keberlangsungan hidup yang lebih lama melalui keterampilan dan kreativitas. “Saya bergabung menjadi anggota KUBE Rumah Zakat sejak tahun 2017. Awalnya saya tidak bisa merajut, alhamdulillah sekarang sudah bisa membuat tas, pouch, sepatu anak-anak sampai dewasa, dan berbagai produk lainnya. Dengan keterampilan yang diberikan Rumah Zakat, alhamdulillah bisa membantu suami yang pekerjaannya serabutan,” ungkap Salmanidar, salah satu anggota KUBE Cempaka Putih.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI