Tampilkan di aplikasi

Jalan-jalan ke gurun pasir di Indonesia Timur

Majalah Rumah Zakat - Edisi 73
4 Oktober 2019

Majalah Rumah Zakat - Edisi 73

gurun pasir

Rumah Zakat
Emang ada? Itu komen pertama yang terlontar dari mulut saya ketika bapak driver gocar ngasih referensi tempat untuk di kunjungi di Kupang. Sepengetahuan saya yang kurang piknik ini daerah yang ada gundukan pasir ala-ala gurun pasir Timur Tengah itu ada di Jogja, yaitu Gumuk Pasir. Ternyata dua kali ke Kupang saya baru tahu kalau di NTT ada juga gurun pasir seperti itu.

Tepatnya ada di Pantai Oetune. Pantai Oetune terletak di Oebelo, Amanuban Selatan di Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. As we know pantai di daerah timur itu memang bagus banget. Keindahan pantai berpasir putih yang berpadu dengan laut dan langit yang biru serta keberadaan gurun pasir jadi daya tarik tersendiri untuk datang ke Pantai Oetune. Luasnya sekitar 100 meter di tepi pantai tapi gak akan abis di-explore setiap jengkalnya untuk berswa foto.

Saat kami baru sampai di sana ada anak-anak yang menghampiri, mereka menawarkan kelapa muda dan bantuan untuk membawakan barang atau memotret. Saya tanya dari mana mereka belajar motret, “Waktu itu ada MTMA, kami diajari kakak-kakaknya,” gitu jawab Arnold, salah satu anak yang membantu kami. Hasil foto mereka juga cukup bagus terutama jika menggunakan kamera handphone.

Pantai Oetune memang tidak seperti pantai kebanyakan di Jawa yang ramai, di sana masih sepi pengunjung. Harga tiket masuk ke kawasan pantai hanya Rp3.000,- dan parkir Rp2.000,-. Masih sangat murah untuk ukuran daerah wisata, air kelapa muda juga cuma Rp5.000,- Meskipun pengunjung tidak begitu ramai tapi fasilitas umum seperti toilet dan mushola sudah dibangun di sana, hanya saja belum difungsikan dengan baik karena terbatasnya air bersih. Saat kami ke sana hanya satu toilet yang bisa digunakan, airnya juga dadakan diambil dari sumur depan toilet. Siapa yang ngambil air? Ya anak-anak yang ada disana.
Majalah Rumah Zakat di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI