Mampir dulu ke indramayu mencicipi bubur soto hingga rumbah semanggen

Tabloid Saji - Edisi 351
7 April 2016

Tabloid Saji - Edisi 351

Indramayu terletak tak jauh dari Cirebon. Selain dikenal karena buah mangganya, kuliner seperti nasi jamblang dan empal gentong pun mudah ditemukan di sini. Namun tentu saja tetap ada yang khas Indramayu. Misalnya bubur soto, rumbah semanggen, hingga bandeng isi yang lezat. / Foto : Saji

Saji
Bubur Soto Indramayu. Indramayu ternyata memiliki bubur khas yang dikenal sebagai Bubur soto.Jika ingin mencicipinya, Anda bisa datang ke kedai bubur soto milik Suhendra yang mangkal 24 jam di Pasar Mambo. Bubur soto ini berwarna kuning pekat, dimasak menggunakan bumbu soto sehingga aroma kunyit dan serai begitu terasa. Uniknya bentuk berasnya masih terlihat dan tidak hancur seperti bubur pada umumnya. Seporsi bubur soto disajikan bersama ayam suwir, seledri, daun bawang, bawang goreng, dan kedelai. Masih ditambah taburan kerupuk udang yang diremukkan. Harganya dibanderol Rp 10 ribu.

Anda juga boleh juga memesan setengah porsi dengan harga 5 ribu. Tersedia sambal sebagai pelengkapnya. Di setiap meja juga terdapat stoples berisi emping jumbo sebagai pelengkap menyantap bubur gurih ini. Harganya dibanderol Rp 5 ribu per keping. Warung Nasi Mirasa, Jika ingin makan kenyang, enak, serta harga terjangkau, warung nasi Mirasa adalah tempat yang dituju warga Indramayu. Ada puluhan lauk-pauk tersedia di meja saji. Anda pun boleh memilih sesukanya. Mulai dari tumis kerang, belut goreng, pepes udang, pepes jamur, ayam bakar, sayur sop, hingga bandeng isi yang lezat.

Bandeng isi adalah ikan bandeng yang dikeluarkan dagingnya, lalu diolah dengan bumbu, dan dimasukkan kembali ke dalam badan ikan, lalu digoreng dengan lapisan telur. Ikan ini jadi salah satu favorit pengunjung. Rata-rata lauk dibanderol dengan harga mulai Rp 2 ribu - Rp 10 ribu. Setelah mengambil lauk pilihan, Anda tinggal duduk saja karena nasinya akan diantarkan dalam bakul bambu. Ya, meskipun Anda datang sendirian, nasi yang datang tetap dalam bakul dan boleh dihabiskan. Itupun masih ditambah lalapan sambal terasi tomat yang segar. Harga seporsi nasi dipatok Rp 5 ribu per orang Warung nasi berkapasitas 50 kursi ini buka mulai pukul 09.00 - 20.00. namun semua sajian baru tersedia lengkap mulai pukul 11.00.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI