Melepas rindu pada sajian kota “anging mamiri"

Tabloid Saji - Edisi 353
10 Mei 2016

Tabloid Saji - Edisi 353

Ramainya kota ini tentu memengaruhi ragam kuliner khasnya. Selain coto dan konro yang sudah sangat populer, masih ada beberapa masakan lain yang wajib Anda kunjungi ketika menginjakkan kaki di kota ini. Inilah panduan dari SAJI.

Saji
Pallubasa Serigala Jl. Serigala No. 54, Makassar Pengunjung warung ini senantiasa ramai. Saking ramainya, setiap memasuki jam makan siang mereka harus rela antre untuk mendapatkan kursi di dalam warung makan yang cukup legendaris ini. Kepulan asap dari dandang di dalam dapur warung seolah menghadang para pengunjung dengan aroma sedap hasil racikan beragam bumbu dalam kuah pallubasa. Membuat pengunjung kian tak sabar untuk segera mencicipi seporsi pallubasa dengan sepiring nasi.

Pallubasa adalah sejenis soto dengan isi daging dan jeroan sapi yang diris-iris kecil. Kuahnya berwarna keruh kecokelatan dan kental, mirip kuah coto. Namun istimewanya, kuah pallubasa menggunakan parutan kelapa yang disangrai, berpadu dengan rasa dan aroma ketumbar yang cukup dominan. Seporsi pallubasa disajikan bersama sepiring nasi. Saat memesan, pengunjung biasanya akan ditanya apakah pallubasanya ingin dicampur dengan jeroan atau hanya dagingnya saja. Pertanyaan lainnya, apakah pengunjung ingin menambahkan telur ayam rebus sebagai lauknya.

Harga seporsi pallubasa Serigala Rp 25 ribu - Rp 30 ribu, tergantung isi daging atau jeroan yang dipilih. Namun jangan khawatir, harga tersbeut sudah termasuk sepiring nasi dan segelas teh. Pallubasa Serigala buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WITA . Rumah Makan Nelayan Jl. Ali Malaka No. 25, Makassar Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Makassar tak menyantap makanan hasil laut atau seafood. Sebagai kota di pesisir pantai, Makassar merupakan sentra ikan laut segar di Pulau Sulawesi. Kualitas hasil lautnya lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Beragam jenis ikan laut yang dihasilkan dari Makassar banyak dijual di sejumlah rumah makan dan disajikan dalam berbagai olahan. Seperti yang disajikan di Rumah Makan Nelayan. Ikan laut di resto ini selain dibakar dan digoreng, juga dimasak dalam kuah asam atau kuah woku ala Manado.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI