Inovasi kuliner pinggir jalan di utara Yogya

Tabloid Saji - Edisi 362
2 Agustus 2016

Tabloid Saji - Edisi 362

Sleman merupakan kota kabupaten yang terletak di bagian utara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selain memiliki berbagai warisan kuliner tradisional yang khas, seiring waktu dan perkembangan zaman, muncul aneka inovasi kuliner yang kreativitasnya pantas kita tes. / Foto : Rizkie Nurindiani

Saji
Warung Asp Ayam Goreng Bersaus, Terletak di tepi jalan ramai, Warung ASP (Ayam Saos Pedas) menawarkan kuliner ayam goreng dilengkapi berbagai saus pedas sebagai pelengkap. Berdiri sejak Oktober 2013, warung ini menyediakan aneka menu menarik yang sulit ditemui di tempat lain. Menu utamanya ayam goreng tepung yang dipenyet dan di atasnya dituangi saus pedas homemade yang dapat dipilih. Ada saus lada hitam, saus merah, sambalado, lombok ijo, rendang, dan seafood. Jika masih terasa kurang pedas, Warung ASP menyediakan sambal tambahan. Uniknya lagi, ayam goreng saus pedas di Warung ASP tak disajikan bersama sepiring nasi, melainkan bersama mi goreng atau mi rebus plus telur. Seporsi Mi ASP plus ayam goreng saus pedas, harganya Rp 14 ribu.

Di Warung ASP juga tersedia menu unik lain, yakni bakso gelas pedas. Bakso dan kuahnya disajikan di dalam gelas kaleng corak burik warna hijau-putih (gelas blirik). Isinya terdiri dari mi putih (bihun), mi kuning, tahu, bakso, dan sawi. Penggunaan gelas blirik membuat panas dari kuah baksonya dapat bertahan lebih lama, sehingga bakso tetap nikmat disantap sampai suapan terakhir. Per porsi bakso gelas pedas harganya Rp 12 ribu. Warung yang buka pukul 09.00-21.00 WIB ini juga menyediakan lauk lain seperti terong goreng, tempe goreng, dan aneka sate sosis. Kendati dari luar tampak sempit, Warung ASP dapat menampung hingga 60-an pengunjung.

Nasi Goeng Dan Kopi Jadi Satu, Kedai Koppi Bell. Kedai Koppi Bell merupakan kafe berkonsep ruang terbuka yang menyatu dengan alam di sekitarnya. Suara gemericik air sungai dan angin semilir. melengkapi saat bersantai di kedai ini. Berdiri sejak Juni 2015, Kedai Koppi Bell fokus menawarkan berbagai racikan kopi. Salah satu menu istimewanya yang patut dicoba adalah “nagopi” atau nasi goreng kopi. Sesuai namanya, nasi goreng berbumbu rempah kari sebagai bumbu dasarnya, ditambahkan kopi robusta bubuk untuk memperkaya sensasi rasanya.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI