Jamur renyah berlapis tepung aneka toping

Tabloid Saji - Edisi 365
15 September 2016

Tabloid Saji - Edisi 365

Jamur dilumuri tepung lalu digoreng renyah, kini jadi kudapan yang banyak dicari orang. Jamurnya beragam jenis. Tak heran kalau peminatnya terus bertambah. Nah, jangan tunda lagi, raih peluang ini. Kreasi para penjual ini pasti bisa jadi ide cemerlang buat Anda.

Saji
Jamur geprek geledek, Di Jamur Geprek Gledek, jamur tak sekadar dijadikan camilan saja, tapi juga dapat dinikmati sebagai lauk dan disajikan lengkap bersama seporsi nasi. Sang pemilik kedai, Brainy JP (27 tahun), menggunakan jamur tiram sebagai bahan utama produk jualannya. “Jamur tiram sangat cocok dijadikan jamur krispi. Tekstur dan rasanya agak mirip ayam suwir,” kata Brainy. Tersedia dua menu utama jamur tiram krispi di kedainya. Yakni jamur geprek original dan jamur geprek keju. Uniknya, Brainy menyajikan kedua menu ini tak ubahnya sajian ayam geprek atau ayam penyet.

Jamur tiram terlebih dulu disuwir-suwir lalu direndam di dalam bumbu basah selama beberapa saat. Sebelum digoreng, jamur dilapisi tepung. Hingga makin terasa renyahnya. Saat akan disajikan, jamur ditaruh di atas piring rotan berlapis kertas minyak cokelat dan diberi sambal pedas. Nah, ini uniknya. Jamur digeprek atau dipenyet dahulu. Jika memilih menu jamur geprek keju, setelah dipenyet bersama sambal, jamur tiram krispi ditaburi keju parut. Untuk sambalnya, pembeli dapat memilih level kepedasan sesuai keinginan, dengan menyebutkan jumlah cabai yang diinginkan. “Pernah ada pemecah rekor, memesan level pedas dengan 30 cabai,” kata Brainy.

Pada umumnya, lanjut Brainy, pembeli memesan sambal dengan 3-8 cabai saja. Seporsi jamur tiram krispi geprek original harganya Rp 7.500. Sedangkan jamur geprek keju Rp 9 ribu, sudah termasuk nasi sepuasnya. Dalam sehari, Brainy rata-rata menjual 100 porsi jamur tiram krispi plus paket nasi. Olahan jamur renyah yang ditawarkan Jamur Garink cukup fleksibel. Artinya, bisa disajikan sebagai camilan atau menu utama yang dihidangkan bersama seporsi nasi. “Saat ini kami menawarkan tiga jenis jamur krispi yang disajikan dengan empat varian bumbu dan saus,” terang Margarita, salah seorang pendiri Jamur Garink.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI