Cuanki unik berbuah tomyam

Tabloid Saji - Edisi 376
2 Maret 2017

Tabloid Saji - Edisi 376

Cuanki merupakan salah satu hidangan berkuah khas Bandung, Jawa Barat. Hidangan ini pada umumnya berisi siomay, batagor, hingga bakso dan pangsit yang disajikan bersama kuah bening. Namun di kedai Cuanki Anday, kuahnya tampil beda dengan cita rasa tomyam khas Thailand. / Foto : Miftakh F

Saji
Cuanki Anday tak hanya menawarkan seporsi cuanki bersama kuah kaldu ayam saja. Ada pula pilihan kuah tomyam dengan cita rasa asam pedas nan segar khas Thailand.

Seporsi cuanki tomyam di kedai milik Joan Musidi (38) ini harganya Rp 18 ribu. Isinya 1 buah siomay goreng, 1 buah batagor, dan 2 buah bakso sapi. Plus kondimen sambal pedas dan jeruk nipis.

Kuahnya terlihat kental dan berwarna kemerahan. Sudah jelas rasanya pasti pedas. Lihat saja taburan cabai rawit utuh yang terapung pada kuahnya. Selain pedas, ada cita rasa asam segar yang berpadu nikmat dengan batagor dan siomay goreng berbahan ikan tenggiri. Kendati siomay, batagor, dan baksonya masing-masing hanya berjumlah satu, namun Joan membuatnya dalam ukuran besar. “Jadi tetap mengenyangkan walaupun makan seporsi,” tukas Joan.

Joan juga menyediakan tambahan batagor krispi.

Saat terendam kuah tomyam, tekstur batagornya berubah menjadi lunak, dengan rasa yang gurih dan lezat. Selain menyediakan kuah tomyam, Joan tetap menyediakan kuah cuanki kaldu ayam.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI