Cilok dengan cita rasa

Tabloid Saji - Edisi 377
2 Maret 2017

Tabloid Saji - Edisi 377

Cilok adalah kudapan ringan sederhana berbahan dasar tepung kanji yang dimatangkan dengan cara direbus atau dikukus. Pada umumnya dijajakan di pinggir jalan dalam gerobak yang tak kalah sederhana. Penyajiannya pun hanya dibungkus plastik dan diberi saus kacang. Kendati semula lebih dikenal di kota Bandung, kini di Yogyakarta cilok tampil dengan cita rasa baru dan sajian yang lebih modern. / Foto : Rizky

Saji
Ibud Puji Priyono (36) atau akrab disapa Ibe, sejak akhir tahun lalu mencoba memberi sentuhan modern pada cilok yang dijualnya. Hingga akhirnya ia mampu membuka gerai cilok bernama Ocil Corner di sebuah mal baru di Yogyakarta.

Di gerainya, Ibe menyajikan cilok tanpa isi dengan aneka saus dan toping menarik. Kemasannya pun menggunakan paper cup yang praktis. Semula, Ibe yang kerap mengikuti bazar kuliner di sekitar Yogyakarta ini hanya menyajikan cilok dengan 4 varian saus, yaitu peanut original, mushroom blackpepper, tuna BBQ, dan beef BBQ.

“Semua saus awalnya bisa dicampur-campur, sesuai selera pembeli,” ujar Ibe yang semula menyajikan ciloknya dengan tusukan sate dan dibungkus plastik mika. “Harga per sajiannya Rp 5 ribu,” kenang Ibe.

Seiring waktu, Ibe semakin inovatif menciptakan sajian cilok agar semakin digemari oleh lebih banyak kalangan.

“Sekarang sausnya tidak lagi dicampur-campur, supaya cita rasanya tidak campur aduk.

Jadi sudah ditetapkan pilihan sausnya.” Selain empat varian saus tadi, Ibe kini mengeluarkan varian saus baru, yakni cheese mayo dan cheese bolognese. Per cup cilok dihargai Rp 10 ribu, berisi 10 cilok lengkap dengan saus dan toping pilihan. Toping yang ditawarkan tak kalah menggugah selera. Seperti jamur tiram krispi, abon tuna, abon sapi, dan parutan keju.

Ya, dengan cita rasa, tampilan, dan kemasan baru yang lebih modern, cilok kreasi Ibe kini semakin populer di Yogyakarta sebagai sajian ringan yang layak disantap di dalam mal.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI