Nasi kuning khas Lombok

Tabloid Saji - Edisi 384
5 Juni 2017

Tabloid Saji - Edisi 384

Ketika Sajiers berwisata ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), siapkan perut untuk menikmati ragam kuliner lezat. / Foto : Miftakh f

Saji
Kedai Hj Nung menyediakan nasi kuning khas Lombok yang patut Sajiers coba. Kedai ini tergolong legendaris karena sudah ada lebih dari 30 tahun berdiri. Meskipun letaknya berada di dalam gang kecil, namun kedai ini laris sekali. Hj Nung membutuhkan 40 kilogram beras per hari untuk membuat nasi kuning khasnya.

“Masaknya bisa beberapa kali, sehingga pelanggan selalu mendapatkan nasi kuning yang segar dan enak,” tuturnya. Seporsi nasi kuning di kedai ini disajikan dengan beragam lauk di atasnya, dari serundeng kelapa, abon ayam, orek tempe, telur kari, ayam pelecing cincang, plus sambal dan lalap mentimun.

Cita rasa nasi kuningnya begitu gurih, dengan aroma bumbu rempah yang wangi. Santannya tak terlalu kuat sehingga rasanya lebih ringan. Selain nasi kuning, ada juga nasi olah yang khas Lombok. Menu ini terdiri dari nasi putih dengan lauk abon ayam, ayam sisit, semur daging, daging cincang masak pedas, telur ayam, dan sayur olah-olah.

Sayur olah-olah terdiri dari kacang panjang, daun pakis, dan taoge yang dimasak dengan santan kental, ditambah beberuk terong dan mentimun. Harga kedua menu nasi khas Lombok ini dibanderol Rp 15 ribu per porsi. Sajiers bisa berkunjung ke kedai berkapasitas 20 kursi ini mulai pukul 07.00-20.00 WITA

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI