Kreasi bahan utama & kuah susu kini menjadi daya tarik

Tabloid Saji - Edisi 383
5 Juni 2017

Tabloid Saji - Edisi 383

Cendol atau dawet selalu menjadi minuman dingin favorit untuk melepas dahaga, terutama di saat hari sedang terikteriknya. Saat ini, cendol tak sekadar disajikan dengan kuah santan dan siraman gula merah cair sebagai pemanisnya. Ada banyak inovasi yang membuat cita rasa cendol jadi semakin menggiurkan. Tak hanya diberi toping menarik, bahan utama cendolnya pun tak hanya dari tepung beras. / Foto : Dok. Pribadi

Saji
Selain menyediakan kopi cold brew dalam kemasan siap minum, Gambino Coffee yang beroperasi sejak Mei 2015 juga menyajikan minuman dingin cendol. Uniknya, cendol yang tersedia di sini berbeda. Cendolnya tak terbuat dari tepung beras seperti pada umumnya, melainkan menggunakan tepung rumput laut. Penggunaan tepung rumput laut membuat tekstur cendolnya lebih kenyal. Agar warnanya tetap hijau, Wenty menggunakan daun suji dan daun pandan.

Hasilnya, warna hijau cendolnya terlihat lebih cerah dibandingkan cendol dari tepung beras.
Sebagai kuahnya, ada tiga varian. Yakni susu kacang almon, matcha, dan Thai tea. Untuk pemanisnya, kata Wenty, yang menggunakan kuah susu almon diberi gula jawa cair, sementara yang berkuah matcha dan Thai tea diberi gula putih cair. Tak hanya itu, penampilan segelas cendol rumput laut Gambino Coffee semakin cantik dengan toping coffee jelly, yang juga terbuat dari tepung rumput laut dicampur konyaku. “Coffee jelly kami pilih untuk menyelaraskan dengan produk kopi andalan kami,” jelasnya lagi.

Per gelas cendol varian kuah almon dan Thai tea harganya Rp 25 ribu, sedangkan varian matcha yang menggunakan bahan impor Rp 28 ribu. Bila tak ingin diminum langsung, kuah, cendol, dan jelly coffee-nya dikemas di plastik terpisah, sehingga dapat bertahan selama 2-3 hari bila disimpan dalam kulkas. Per bulannya, Wenty mengaku mampu menjual 1.000 hingga 2 ribu gelas cendol.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI