Dari bahan gandum & talas, hingga berwarna hitam & berhias foto

Tabloid Saji - Edisi 380
5 Juni 2017

Tabloid Saji - Edisi 380

Tekstur bakpao yang lembut dengan beragam isi, kini tampil semakin meriah. Inovasi dan kreasi bakpao saat ini tak terlepas dari penampilan dan variasi isinya. Selain menggunakan bahan talas dan arang bambu Jepang yang menghasilkan warna bakpao yang unik, ada pula yang mencampurkan gandum kaya serat, hingga melukis permukaan bakpaonya dengan aneka gambar dan foto. / Foto : miftakh F, diana A, Gonang

Saji
Sekilas, tampaknya tak ada yang istimewa dari bakpao buatan Lusi Andrian (37), yang dijual melalui toko kue Vien’a Cookies miliknya. Bahan adonan bakpaonya pun tak berbeda dari bakpao pada umumnya, yaitu tepung, ragi, susu dan gula. Bahkan isinya cukup familiar. Ada kacang hijau, daging (ayam), coklat, dan keju. Namun yang justru membuat bakpaonya istimewa adalah penampilannya.

Bakpao buatan Lusi pada permukaannya berhiaskan aneka gambar animasi kartun favorit anak-anak, seperti serial Disney, Boboy Boy, Upin Ipin, Mr Bean, dan sebagainya. Bahkan, foto orang yang memesan bakpao pun bisa muncul di permukaan bakpaonya. “Bakpaonya memang dibuat berbeda. Pada permukaannya bisa diberi gambar atau foto. Jadi ada kekhususan atau istilahnya edisi terbatas. Semua permintaan berdasarkan pemesanan.

Gambar atau foto yang dipasang bisa dikirim lewat ponsel,” tutur Lusi. Menurut Lusi, pengerjaan bakpao bergambar tak serumit yang dibayangkan. Semua gambar dan foto dikerjakan dengan perangkat komputer atau laptop dan mesin cetak. Prosesnya selama 5-6 jam.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI