Madeleine, si manis berbentuk kerang

Tabloid Saji - Edisi 392
27 Agustus 2017

Tabloid Saji - Edisi 392

Kue khas Prancis ini bercita rasa manis. Membuatnya cukup mudah. / Foto : Aziz

Saji
Kue khas Prancis ini bercita rasa manis. Membuatnya cukup mudah. Bahkan Sajiers bisa memodifikasinya dengan menambahkan cokelat dan taburan kenari pada adonannya. Pas untuk teman minum teh atau kopi. Pada abad ke-18, seorang Raja Polandia bernama Stanislaw Leszczynski diasingkan ke sebuah kota di Prancis, yakni Commercy, Lorraine.

Pada saat sedang makan malam, Raja Stanislaw meminta salah seorang pelayan yang bernama Madeleine Paulmiere, untuk membuatkannya makanan penutup. Madeleine Paulmiere lalu membuatkan dan menyuguhkan kue kecil berbentuk seperti kulit kerang, yang merupakan resep warisan keluarganya.

Ketika itu, kue tersebut belum memiliki nama. Sang Raja menyukai hasil kue yang dibuat oleh Madeleine, hingga memberi nama kue tersebut Madeleine, sesuai dengan nama si pembuatnya. Bahan : 3 butir telur, 100 gram gula pasir, 120 gram tepung terigu protein sedang, 30 gram cokelat bubuk, 1/2 sendok teh, baking powder 50 gram, margarin.

Cara membuat : 1) Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang. Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan campuran margarin leleh dan pasta cokelat. Aduk rata. Masukkan kenari. Aduk rata. 2) Tuangkan adonan di dalam cetakan madeleine yang sudah dioles margarin. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celcius 20 menit hingga matang. (Vn)

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI