Jalebi, kue khas India berbentuk unik

Tabloid Saji - Edisi 396
18 Oktober 2017

Tabloid Saji - Edisi 396

Kue yang memiliki bentuk dan rasa yang unik ini merupakan makanan khas India. Disajikan bersama sirop manis beraroma rempah. Mari kita coba di rumah! / Foto : Bayu

Saji
Jalebi adalah penganan khas dari negeri-negeri di Asia Barat, seperti India, Pakistan, serta beberapa daerah di Timur Tengah. Menurut sejumlah literatur, kata jalebi berasal dari bahasa Arab, zulabiya atau zolbiya perisa, nama untuk hidangan serupa.

Di Iran kue zolbiya dikonsumsi oleh warga miskin dan banyak dihidangkan pada setiap bulan Ramadan. Pada abad ke-15 di India, jalebi dikenal sebagai kundalika atau jalavallika yang dihidangkan sebagai suguhan dalam jamuan makan malam para saudagar atau pedagang kaya.

Di negeri asalnya, hidangan tradisional ini merupakan bagian penting dalam banyak festival dan perayaan. Jalebi terbuat dari adonan yang digoreng, mirip funnel cake, yang disajikan dalam rendaman larutan gula. Ada dua cara populer dalam pembuatan adonannya.

Pertama, dalam resep tradisionalnya adonan utama diberi tambahan yoghurt sebagai bahan pengembangnya dan harus didiamkan semalaman. Cara kedua, menggunakan ragi kering aktif yang bisa menyingkat proses pengembangan adonan kue, sekitar 1 jam saja.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI