Tamarind cake, cake asam jawa yang terinspirasi dari asal kota Semarang

Tabloid Saji - Edisi 396
18 Oktober 2017

Tabloid Saji - Edisi 396

Siapa bilang asam jawa tak bisa diolah menjadi kue nan lezat? Febby Natalia justru berhasil mengaplikasikan asam jawa ke dalam cake. / Foto : Dok. inspirasi

Saji
Bagi Febby Natalia (36), asal usul kata Semarang, bukan sekadar kisah yang memiliki nilai sejarah. Nama yang konon berasal dari padanan kata asam dan arang yang memiliki arti jarangnya pohon asam, telah menjadi inspirasinya dalam memulai bisnis kue. Selaras dengan itu, kue olahannya pun menggunakan bahan utama asam jawa.

Lewat nama Tamarind Cake, sajian manis yang dibuatnya mulai dipasarkan sejak awal 2016. “Alasan lainnya, masih jarang pengusaha kuliner yang melirik asam jawa untuk diolah menjadi kue,” ucap Febby. Diakuinya, uji coba untuk membuat kue asam jawa hingga layak jual terbilang cukup lama.

Febby mengaku butuh waktu lebih dari 3 bulan demi mendapatkan formula adonan dan cita rasa kue asam jawa yang sesuai di lidah awam. Proses pembuatan kue asam jawa ini dimulai dengan mengubah asam jawa menjadi selai terlebih dahulu. “Untuk membuat selainya, saya gunakan air, asam jawa, dan gula jawa,” ujar wanita kelahiran 1981 ini.

Campuran bahan tadi lalu dimasak hingga mengental. Namun sebelum diolah, asam jawanya mesti direndam dulu 30 menit agar melunak dan mudah diambil sarinya. Selai asam jawa yang sudah mengental, dicampurkan ke dalam bahan adonan kue lalu ditaruh dalam loyang kue yang bentuknya mirip asam jawa dalam kulitnya.

“Bahan adonan kuenya saya gunakan resep standar. Seperti tetap menggunakan tepung, butter, gula jawa, telur, dan bahan pengembang,” paparnya. Terakhir, adonan kue dipanggang 20 menit dengan suhu 170 derajat Celsius. Asam jawa yang digunakan, kata Febby, tak bisa sembarangan. Harus yang segar dan baru matang di pohon. Jika belum matang, cita rasa masam pada kuenya akan terasa sangat kuat.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI