Macam-macam jamur

Tabloid Saji - Edisi 399
30 November 2017

Tabloid Saji - Edisi 399

Sebagai salah satu bahan makanan, jamur memiliki aroma dan rasa yang unik.

Saji
Sebagai salah satu bahan makanan, jamur memiliki aroma dan rasa yang unik. Tambahan jamur ke dalam berbagai olahan sayur, bisa membuat sajian jadi lebih kaya rasa dan mewah. Mari kita ketahui macam-macam jenis jamur yang bisa kita olah di dapur.

1. Jamur Merang Jamur merang mudah ditemui di pasar dalam keadaan segar. Jamur merang memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis. Jamur merang mengandung kolesterol rendah dan cocok bagi para vegetarian.

2. Jamur Tiram Jamur ini berwarna putih atau krem. Manfaat jamur tiram bisa mencegah kolesterol hingga mencegah anemia, meningkatkan sistem imunitas, serta mencegah munculnya beragam bakter jahat tumbuh di dalam tubuh.

3. Jamur Kuping Jamur yang paling populer di Indonesia ini memiliki bentuk dan tekstur seperti telinga manusia, sehingga disebut jamur kuping. Warnannya gelap kecokelatan dan memiliki manfaat seperti mengatasi hipertensi, anemia, mengobati ambeien, dan mengurangi rasa panas akibat luka bakar.

4. Jamur Kancing Jamur kancing memiliki bentuk bulat dengan warna putih bersih, krem, atau cokelat. Jamur kancing memiliki kandungan mineral yang tinggi dan rendah kalori, serta memiliki rasa manis.

5. Jamur Shitake Jamur shitake banyak dikomsumsi di Jepang dan Tiongkok. Manfaat mengomsumsi jamur shitake antara lain untuk melancarkan sirkulasi darah, memulihkan kelelahan, serta sebagai sumber energi dan mampu meredakan gangguan hati.

6. Jamur Kaleng Jamur yang sudah diawetkan di dalam air garam dan diperjualbelikan dalam kemasan kaleng. Mudah ditemui di supermarket. Jenis jamur yang biasa diawetkan adalah jamur kancing dan jamur merang.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI