Serba serbi tomat

Tabloid Saji - Edisi 402
22 Januari 2018

Tabloid Saji - Edisi 402

Selain menghadirkan rasa segar, warnanya yang merah mampu memberi warna pada aneka sajian. / Foto : AZIZ visual BELLA F.

Saji
Yuk, berkenalan lebih jauh dengan jenis tomat yang bisa kita konsumsi atau ditambahkan ke dalam berbagai olahan. Selain menghadirkan rasa segar, warnanya yang merah mampu memberi warna pada aneka sajian.

• Tomat Merah. Tomat merah atau yang biasa disebut tomat sayur, merupakan jenis tomat yang paling sering digunakan untuk memasak. Kandungan vitamin A, C, dan K dalam tomat sangat baik. Kandungan likopen yang baik bagi tubuh pada tomat juga dapat meningkat 164 kali lipat setelah direbus.

• Tomat Hijau. Seperti namanya, tomat ini berwarna hijau. Rasanya asam segar dan sering digunakan untuk memasak olahan ikan atau sambal. Warna hijau pada tomat hijau adalah tomat mentah yang dipanen sebelum matang.

• Tomat Cherry. Nama cherry disematkan pada tomat ini karena bentuknya yang kecil-kecil seperti buah cherry. Rasanya agak manis, dengan kandungan air lebih banyak. Sering digunakan untuk salad.

• Tomat Mawar. Tomat mawar atau tomat ranti memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan tomat merah. Ukurannya yang besar biasa digunakan untuk pelengkap isi burger.

OLAHAN TOMAT

1. Saus tomat.
Saus yang terbuat dari bahan tomat. Banyak dijual dalam kemasan botol atau shachet. Rasanya asam dan sering digunakan untuk cocolan atau bumbu pada masakan.

2. Tomat kering.
Olahan tomat lainnya adalah tomat kering. Tomat dikeringkan dengan cara dijemur. Biasa dijual dalam kemasan kaleng dengan minyak atau hanya tomat kering. Rasanya asam segar. Sering digunakan untuk bumbu masakan.

3. Tomat pasta.
Olahan tomat lain berupa pasta. Pasta tomat terbuat dari pure tomat yang dimasak sampai bertekstur seperti pasta. Rasanya asam pekat.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI