Jenis kedelai & hasil olahannya

Tabloid Saji - Edisi 401
22 Januari 2018

Tabloid Saji - Edisi 401

Jika selama ini Sajiers hanya tahu satu jenis kedelai, kini saatnya untuk mengetahui lebih jauh mengenai jenis-jenis kedelai yang ada / Foto : Bayu

Saji
Jika selama ini Sajiers hanya tahu satu jenis kedelai, kini saatnya untuk mengetahui lebih jauh mengenai jenis-jenis kedelai yang ada. Selain itu, ketahui pula sejumlah hasil olahan berbahan kedelai yang biasa kita olah menjadi berbagai sajian lezat.

1. Kedelai putih adalah jenis kacang-kacangan yang merupakan sumber protein. Kedelai putih memiliki warna putih gading dan ukurannya lebih besar dibandingkan kedelai kuning.

2. Kedelai hitam adalah jenis kedelai yang memiliki kulit ari berwana hitam, meski bagian dalam atau biji kedelainya tetap berwarna putih. Kedelai hitam adalah bahan baku utama dalam pembuatan kecap.

3. Edamame adalah sejenis kacang kedelai berwarna hijau dan berukuran paling besar di antara jenis kedelai lainnya. Selain mengandung tinggi isoflavon yang merupakan zat pencegah kanker, edamame juga tinggi vitamin K. Mengonsumsi edamame sebagai pengganti camilan dapat menurunkan berat badan.

4. Kedelai kuning Jenis kedelai ini memiliki warna kuning pucat. Bijinya lebih kecil dan memiliki kulit ari bening. Kedelai kuning sama seperti kedelai putih, hanya warnanya saja yang lebih kekuningan.

Olahan kedelai :
1. Kecap manis adalah hasil fermentasi kedelai hitam yang sudah ditambah gula merah. Warnanya hitam pekat dan kental. Kecap manis banyak digunakan untuk memasak atau sebagai bumbu olesan.

2. Tempe. Hasil fermentasi kedelai lainnya adalah tempe. Biji kedelai yang sudah direbus, ditambahkan ragi tempe. Kandungan kacang kedelai meningkat ketika dikonsumsi dalam bentuk tempe.

3. Tahu. Selain tempe, tahu merupakan olahan kedelai yang dibuat dari sari tahu. Tahu yang dijual di pasaran bermacammacam, tergantung teknik pembuatannya. Misalnya tahu cina bertekstur lebih lembut karena kandungan airnya masih banyak, sedangkan tahu bandung lebih padat karena kandungan airnya lebih sedikit.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI