Kenali rumput laut & produk olahannya

Tabloid Saji - Edisi 405
7 Februari 2018

Tabloid Saji - Edisi 405

Ada banyak jenis rumput laut yang bisa kita konsumsi. / Foto : ananta, visual MICHAEL W. A.

Saji
Perlu Sajiers tahu, ada banyak jenis rumput laut yang bisa kita konsumsi. Penasaran ingin tahu apa saja ragam rumput laut yang paling sering kita jumpai di pasaran? Yuk, simak penjelasannya di sini.

JENIS RUMPUT LAUT

1. Rumput Laut Segar Rumput laut memiliki banyak jenis dan bentuknya. Salah satu jenis rumput laut yang cukup sering kita temui di pasaran adalah rumput laut segar dengan bentuknya yang alami dan berwarna hijau atau putih agak bening. Rumput laut jenis ini banyak digunakan untuk manisan atau salah satu bahan isi sup buah.

2. Wakame Rumput laut yang satu ini sangat populer dipakai dalam berbagai jenis kuliner khas Asia. Wakame (bahasa Jepang) berbentuk lembaran basah dan berwarna hijau pekat. Wakame dapat dengan mudah ditemui di sejumlah supermarket atau toko khusus bahan makanan khas Jepang, dalam bentuk kering.

3. Kombu Rumput laut jenis ini dijual dalam bentuk lembaran kering atau bubuk, dengan warna hijau kehitaman. Kombu biasa digunakan untuk membuat kaldu yang menghadirkan cita rasa gurih. Banyak digunakan sebagai bahan dasar sup atau hidangan berkuah khas Asia lainnya.

PRODUK OLAHAN RUMPUT LAUT

1. Agar-agar Bubuk Agar-agar bubuk juga terbuat dari rumput laut, yang diproses secara pabrikasi hingga dihasilkan agar-agar dalam bentuk bubuk.

2. Nori Tanpa Rasa Salah satu olahan wakame yang paling sering kita temukan adalah nori, berupa lembaran tipis dan kering, serta berwarna hijau kehitaman. Hidangan khas Asia yang banyak menggunakan nori dan paling mudah dijumpai adalah sushi.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI