Kenali jenis sawi & hasil olahannya

Tabloid Saji - Edisi 408
21 Maret 2018

Tabloid Saji - Edisi 408

Sajiers tentu tak asing dengan sayuran sawi. Apa lagi sawi termasuk sayuran yang sangat mudah ditemui, baik di tukang sayur, pasar tradisional, atau supermarket. / Foto : Bayu

Saji
Sajiers tentu tak asing dengan sayuran sawi. Apa lagi sawi termasuk sayuran yang sangat mudah ditemui, baik di tukang sayur, pasar tradisional, atau supermarket. Sawi pun tergolong mudah diolah menjadi berbagai sajian. Nah, mari kita mengenal lebih jauh tentang sawi, jenisnya, dan hasil olahannya.

Jenis Sawi:
1. Sawi Hijau Sawi hijau sering juga disebut caisim, merupakan jenis sawi yang paling sering dijumpai di pasaran. Sawi hijau memiliki batang yang panjang, agak tebal, berwarna putih, dan berlapis-lapis. Bila dikonsumsi, memiliki rasa sedikit sepat.

2. Sawi Pahit Seperti namanya, sawi ini memiliki rasa yang pahit. Batang daunnya besar dan lebar, dengan daun yang juga lebar dan berwarna hijau. Bentuk batangnya bercabang dan berlapis-lapis.

3. Sawi Manis Berbeda dengan sawi pahit, sawi satu ini terasa manis saat dikonsumsi, termasuk bila dibandingkan dengan jenis sawi lainnya. Bentuk batangnya bertingkat dan berwarna kehijauan. Sawi jenis ini sering dijumpai dengan ukuran mini.

4. Sawi Putih Sawi jenis ini cukup mudah dikenali. Batangnya berlapis-lapis dan warna putih pucat. Daunnya pun berwarna putih dan lebar, yang saling membungkus antara lapisan daun yang lebih muda.

Olahannya:
1. Kimchi. Makanan ini merupakan menu pendamping yang kerap tersaji di meja makan keluarga bangsa Korea. Sajian khas ini memiliki cita rasa asam pedas, yang diolah dari sawi putih yang difermentasi selama beberapa lama, hingga menghasilkan cita rasa segar yang pas. Sajiers dapat menjumpai kimchi dengan mudah di sejumlah resto khas Korea.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI