Serba serbi lobak

Tabloid Saji - Edisi 409
6 April 2018

Tabloid Saji - Edisi 409

Macam-macam lobak.

Saji
Lobak merupakan tanaman sayuran yang berasal dari Tiongkok. Bentuk lobak menyerupai wortel, tetapi memiliki ukuran lebih besar, dengan kulit dan bagian isi berwarna putih. Lobak sejak lama telah dibudi daya di Indonesia.

Tumbuh baik di kawasan dataran rendah maupun tinggi/pegunungan. Namun ternyata lobak tak hanya ada yang berwarna putih saja, lo. Ingin tahu jenis lobak lainnya, termasuk hasil olahannya?

1. LOBAK PUTIH. Lobak putih merupakan jenis lobak yang paling sering digunakan sebagai bahan makanan/masakan di Indonesia. Lobak putih memiliki ciri warna kulit dan dagingnya yang putih bersih. Lobak putih biasa digunakan untuk bahan masakan khas daerah, salah satunya soto khas Bandung.

2. LOBAK MERAH. Lobak merah merupakan tanaman akar yang memiliki ciri khas rasa manis dan pedas. Berbentuk silinder membulat, dan bagian kulit luarnya berwarna merah. Lobak merah bisa dimakan mentah, diolah jadi masakan, atau dijadikan acar. Minyak yang terkandung di lobak merah dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Lobak merah pada umumnya dihidangkan sebagai salad.

3. LOBAK HITAM. Seperti halnya lobak merah, lobak hitam juga kerap disajikan sebagai bahan salad. Lobak hitam dikenal memiliki ciri khas baunya yang tajam, selain warna kulit luarnya yang hitam legam seperti arang, namun bagian dalamnya berwarna putih. Lobak hitam juga bisa dimakan mentah dan bisa dibuat acar.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI