Tampilkan di aplikasi

Ragam telur

Tabloid Saji - Edisi 410
26 April 2018

Tabloid Saji - Edisi 410

Macam-macam telur. / Foto : Bayu | visual: BELLA F.

Saji
Telur sudah pasti selalu ada di dapur Sajiers. Telur bahkan kerap menjadi bahan makanan penolong ketika kita bingung ingin masak apa, termasuk ketika sedang terburu-buru, seperti di pagi hari. Namun, ada berapa jenis telur yang Sajiers ketahui tentang telur? Yuk, kita ketahui bersama.

RAGAM TELUR

1. Telur Ayam. Telur ayam memiliki cangkang atau kulit berwarna krem kecokelatan. Berat telur ayam bervariasi, antara 50-80 gram per butir. Telur ayam yang memiliki warna cangkang lebih cerah, cenderung mudah pecah.

2. Telur Bebek. Telur bebek berukuran sedikit lebih besar dibandingkan telur ayam. Cangkang telurnya berwarna hijau kebiruan. Bagian dalamnya dilindungi oleh kulit ari yang lebih tebal dibandingkan telur ayam. Kuning telur pada telur bebek berwarna kuning cerah kemerahan.

3. Telur Puyuh. Telur puyuh berukuran sangat kecil. Cangkang telurnya berwarna putih kusam dengan bintik-bintik hitam yang tersebar tak merata. Telur puyuh dikenal memiliki kandungan kolesterol yang paling tinggi di antara jenis telur lainnya, lo. Oleh karena bentuknya yang kecil, telur puyuh sering.

TELUR OLAHAN

1. Telur Pindang. Telur pindang merupakan olahan dari telur ayam. Telur pindang memiliki motif retak pada permukaan putih telurnya, dengan warna retakan cokelat kemerahan. Motif retak ini didapatkan dari hasil rebusan telur bersama daun salam, daun jati, dan rempah-rempah lain. Telur yang sudah matang kemudian diretakkan dan direbus kembali hingga warnanya merasuk ke bagian putih telurnya.

2. Telur pindang. Merupakan olahan dari telur ayam. Telur pindang memiliki motif retak pada permukaan putih telurnya, dengan warna retakan cokelat kemerahan. Motif retak ini didapatkan dari hasil rebusan telur bersama daun salam, daun jati, dan rempah-rempah lain. Telur yang sudah matang kemudian diretakkan dan direbus kembali hingga warnanya merasuk ke bagian putih telurnya.
Tabloid Saji di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI