Kenali untuk memasak lemak nabati padat

Tabloid Saji - Edisi 411
2 Mei 2018

Tabloid Saji - Edisi 411

Kira-kira bahan lemak nabati padat seperti apa yang sudah Sajiers ketahui dan sering dipakai memasak atau membuat kue selama ini? / Foto : Bayu

Saji
Kira-kira bahan lemak nabati padat seperti apa yang sudah Sajiers ketahui dan sering dipakai memasak atau membuat kue selama ini? Margarin, mentega, atau minyak goreng padat? Ternyata ada beberapa jenis lemak nabati padat lainnya yang bisa Sajiers gunakan untuk memasak dan membuat kue, lo. Yuk, kita kenali lebih jauh!

1. MARGARIN. Lemak padat yang terbuat dari lemak nabati ini disebut margarin. Berbeda dengan mentega (butter), titik leleh margarin lebih rendah sehingga tidak akan mudah meleleh di suhu ruang. Margarin memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit. Warna margarin lebih kuning dibandingkan mentega. Margarin juga tidak memiliki aroma susu seperti halnya mentega karena dibuat dari lemak nabati. Keunggulan lain margarin adalah harganya yang lebih terjangkau.

2. SHORTENING. Shortening berwarna putih atau kekuningan, yang terbuat dari sebagian besar lemak nabati. Shortening terbuat dari hasil proses penyaringan minyak kelapa, biji palem, minyak biji kapas, dan minyak-minyak nabati lainnya. Shortening merupakan bahan pengempuk paling baik karena murni terbuat dari lemak atau minyak nabati dan tidak mengandung air. Namun kekurangannya, shortening dapat memberikan rasa dan aroma yang kurang bercita rasa pada makanan.

3. MINYAK GORENG PADAT Minyak goreng padat termasuk lemak nabati yang memiliki warna putih dan bentuknya padat, mirip shortening. Minyak goreng padat cenderung tidak memiliki rasa dan aroma. Keunggulannya, dapat menghasilkan bahan makanan yang digoreng menjadi lebih renyah, tidak meninggalkan banyak minyak pada hasil gorengan, dan dapat digunakan dengan masa pemakaian seperti halnya minyak goreng.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI