Mengenal jenis kentang

Tabloid Saji - Edisi 412
16 Mei 2018

Tabloid Saji - Edisi 412

Sajiers tentu sering menggunakan kentang untuk membuat berbagai olahan di dapur tercinta.

Saji
Sajiers tentu sering menggunakan kentang untuk membuat berbagai olahan di dapur tercinta. Namun, apakah Sajiers juga pernah menggunakan jenis kentang lainnya, selain kentang yang biasa digunakan? Yuk, kita kenali lebih jauh tentang jenis kentang.

Kentang Tes Kentang tes memiliki kandungan pati lebih tinggi dibandingkan jenis kentang lainnya. Kentang jenis ini lebih cocok diolah menjadi french fries (kentang goreng) atau perkedel.

1. Kentang Lokal. Kendati bentuknya tak secantik kentang impor, namun kentang lokal memiliki kualitas lebih bagus dibandingkan kentang impor. Kentang lokal memiliki rasa lebih manis, gurih, dengan kandungan air yang cukup. Kentang lokal banyak digunakan untuk bahan campuran berbagai masakan khas Indonesia.

2. Kentang Putih. Sesuai dengan namanya, kentang jenis ini berwarna putih bersih. Kentang putih memiliki rasa yang hambar dan agak lengket. Kentang jenis ini bagus digunakan untuk aenak masakan yang tidak memerlukan rasa kentang di dalamnya, seperti sup atau sambal goreng.

3. Kentang Kuning. Kentang kuning memiliki warna kekuningan dengan rasa yang gurih dan tidak mengandung banyak air. Kentang ini cocok jika digunakan untuk membuat kentang goreng.

4. Kentang Mini. Kentang ini berukuran kecil. Biasanya diolah tanpa perlu dikupas. Kentang mini sangat cocok diolah untuk bahan tumisan maupun aneka masakan Eropa, seperti steak atau salad. Di Indonesia, kentang mini biasanya digunakan untuk bahan campuran rendang.

5. Kentang Mentega Kentang jenis ini memiliki warna sedikit kuning dan rasa yang lebih gurih dibandingkan kentang putih. Kentang ini mengandung sedikit kadar air dengan tekstur agak berpasir. Kentang mentega cocok digunakan untuk membuat keripik.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI